PALEMBANG — Wakil Gubernur provinsi Sumatera Selatan, H. Ishal Mekki secara resmi membuka kejuaraan pencak silat antar pelajar SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kota Palembang di Aula SMA Negeri 5 Palembang, Kamis (05/01).

Dikatakan orang nomor dua di Sumsel bahwa olahraga Pencak Silat merupakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi semuanya. Selain itu, menurut Ishak Mekki, Pencak Silat adalah olahraga waeisan leluhur budaya yang patut dilestarikan dan didukung penuh.

“Melalui kejuaraan ini menunjukkan komitmen pemerintah provinsi (pemprov) Sumsel dan kepala SMA Negeri 5 untuk mendukung generasi penerus dalam memajukan olahraga Pencak Silat,” kata Ishak.

Oleh karena itu, Ishak Mekki berharap, para generasi muda dapat menjaga olahraga Pencak Silat. “Olahraga ini (Pencak Silat) mempunyai nilai seni, ini yang harus kita pertahankan karena warisan budaya kita, kalau Karate, Taekwondo itu import dari negara luar, jadi kita harus bangga,” ungkap Ishak Mekki.

Diungkapkannya, dalam sebuah kejuaraan, menang kalah bukanlah yang utama tetapi sportivitas yang dijunjung tinggi dan kebersamaan itulah hal yang dicari. “Menang kalah hal biasa, yang penting bermain secara sportif,” tambahnya.

Sementara, Kepala SMA Negeri 5 Palembang, Sumin Eksan, S.Pd, MM, mengatakan, kejuaraan Pencak Silat tersebut diadakan sebagai bentuk dukungan agar olahraga asli Indonesia tetap terjaga.

“Terimakasih saya ucapkan kepada semua pihak yang mendukung kejuaraan ini, semogga dari kegiatan ini dapat melahirkan bibit unggul Atlet Pencak Silat,” harapnya. (juniara)

RelatedPost