Jakarta: Sebelum bertolak ke Moscow, Rusia untuk mengikuti ajang internasional Street Child World Cup (SCWC) 10-18 Mei 2018 mendatang, sembilan anak yang tergabung dalam Tim Sepakbola Garuda Baru diterima Menpora Imam Nahrawi di ruang kerjanya lantai 10 kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5) sore.

Menurut Menpora, pemerintah melalui Kemenpora tak henti-hentinya mendukung dan mendorong siapapun yang membawa misi Merah-Putih di level dan kegiatan apapun terlebih untuk kejuaraan dunia sepakbola. “Ajang ini menunjukkan potensi sekecil apapun yang dimiliki anak negeri harus dikelola, didorong, dimanfaatkan serta dipromosikan agar mereka tidak selalu diposisi terhimpit tetapi dalam dirinya ada potensi besar yang perlu dimanfaatkan terlebih membawa nama bangsa Indonesia,” ucap Menpora didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana dan Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian.

Menurut Menpora anak-anak ini telah bermain bagus saat mengikuti kejuaraan serupa di Brasil 2014 lalu meski saat itu mereka belum menjadi juara. “Terima kasih kepada para pelatih, pendamping dan sponsor sehingga anak-anak ini menjadi inspirasi baru bagi anak jalanan yang lain yang belum terjamah, mereka nanti di Moscow juga akan ikut mempromosikan Asian Games 2018, kedepan bisa segera dirintis liga sepakbola jalanan atau apapun semacamnya, di Brasil itu mereka bagus sekali meski belum jadi juara, kami hanya bekali doa dan tiket pulang pergi ya,” kata Menpora.

“Saat di Brasil lalu kita berhasil mengalahkan tuan rumah 3-0, South Africa 12-1, Liberia 6-0, kita hanya kalah dengan Tanzania saat adu pinalti, saat itu ada 24 tim, buat kami juara ini adalah bonus tapi yang terpenting adalah anak-anak ini mampu menunjukkan kepada masyarakat contoh yang baik meski sebelumnya dipandang sebelah mata tapi mampu memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tambah Ketua Delegasi Mahir Bayasut. (ben)

Daftar Sembilan Pemain yang Tergabung di Tim Garuda Baru

  1. Krisna Sugina
  2. Aditiya Rahman
  3. Andre Widianto
  4. Sugeng Reza Pamungkas
  5. Bayu Pamungkas
  6. Somad
  7. Ryan Febriansyah
  8. Malikal Febry Pratama
  9. Ardinata

Artikel Terkait