PALEMBANG — Salah satu peran Mahasiswa adalah pengabdian kepada masyarakat dengan turun langsung ke lapangan atau lebih sering dikenal dengan kuliah kerja nyata (KKN). Hal ini juga diterapkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

Sebanyak 1.203 Mahasiswa KKN posdaya tematik UMP angkatan ke-12 tahun 2017 yang dilepas langsung oleh Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, di halaman fakultas hukum UMP akan terjun langsung mengabdi kepada masyarakat di tiga kabupaten/kota yakni, kota Palembang, kabupaten Muara Enim dan kabupaten Banyuasin selama 40 hari.

Wakil Walikota Palembang, Fitri Agustinda menyampaikan, pihaknya sangat mendukung program KKN ini, ia juga berharap agar mahasiswa benar-benar menjalankan tugas kuliah dengan baik, “Semoga mahasiswa UMP dapat menjalankan tugas KKN dengan baik, serta saya harap kehadiran kalian memberi dampak pembangunan yang pesat dikalangan masyarakat,” ucap Adik Romi Herton ini.

Dijelaskan Ketua Panitia KKN sekaligus Dosen fakultas pertanian, Alhanan Nasir disela acara pelepasan KKN, Rabu (18/01). Dengan adanya KKN ini mahasiswa dapat membantu masyarakat di bidang pemberdayaan dalam rangka pembangunan desa baik secara fisik maupun non fisik, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang di dapat dalam perkuliahan.

Menurutnya, ada dua program yang harus dilakukan mahasiswa, yakni program individu dan kedisiplinan, namun berbeda ditahun sebelumnya, kali ini KKN UMP mempunyai program unggulan, yaitu sosial agama dan seni.

“Mereka harus melakukan program ini semua, setiap program akan kita beri waktu, program indivudu dan kedisksplin alokasi waktunya minimal 600 menit, seni dan olahraga 600 menit, sosial dan agama 1200 menit, dan program posdaya tematik 6000 menit, jadi total waktu KKN mereka 8600 menit, setiap hari mereka menghabiskan waktu 3-4 jam, untuk kegiatan mereka,” jelasnya.

Selain menjalankan, lanjutnya, program kerja sesuai tema, mahasiswa KKN diwajibkan melaksanakan program tersebut, dengan adanya program tersebut maka keadaan masyarakat setempat lebih baik.

“Kita berharap peran mahasiswa KKN dimasyarakat dapat terjaga dan mahasiswa juga dituntut untuk mempelajari cara bermasyarakat dengan baik, sehingga kelak bermanfaat dan diperlukan oleh warga ketika sudah menyelesaikan perkuliahan dan kembali ke masyarakat,” harapnya. (juniara)

Artikel Terkait