Meski minim persiapan, namun timnas wanita U16 Indonesia tetap mengincar hasil maksimal saat turun di ajang AFF U16 Girls Championship 2018, 1-3 Mei di Palembang. Lolos dari putaran grup dan merebut satu tempat di babak semifinal menjadi target yang diusung oleh timnas wanita U16 Indonesia nantinya.

Indonesia sendiri di ajang ini masuk ke dalam grup B bersama juara bertahan Thailand, Kamboja dan Laos. “Kita harus realistis, Thailand kelasnya sudah berada di atas tim lainnya di turnamen ini. Mereka sudah mampu lolos ke Piala Dunia dan itu menunjukkan bagaimana kualitasnya,” ujar ketua kontingen timnas U16 Indonesia, Papat Junisal saat sesi preskon, Senin (30/4) siang.

Oleh karena itu, pihaknya mentargetkan mampu mendampingi Thailand sebagai wakil grup B nantinya dan lolos ke babak 4 besar. “Target itu saya pikir cukup wajar karena dengan negara lainnya kami pernah bertemu dan mengalahkan mereka tahun lalu,” ungkapnya.

Sementara itu, pelatih timnas wanita U16 Indonesia, Rully Neere menyebut pihaknya tidak punya waktu yang cukup ideal menghadapi turnamen ini. “Praktis kami hanya berlatih selama 5 minggu dan itu pun sembari terus melakukan seleksi terhadap pemain. Kami buka tutup guna mencari yang terbaik, mungkin sekitar 50 pemain telah kami seleksi selama ini,” jelasnya.

Pihaknya mengaku menghadapi sejumlah kendala sebelum turnamen ini seperti banyaknya pemain yang meminta izin guna mengikuti ujian akhir nasional. “Para pemain ini juga banyak kami ambil dari futsal yang memang lebih populer di Indonesia,” tambahnya.

Eks pemain timnas Indonesia ini sendiri mengaku tidak terlalu memberikan target di turnamen ini kepada anak asuhnya. “Secara umum kita tidak kekurangan bakat, namun memang tidak bisa instan. Perlu waktu sekitar 5-10 tahun ini jika mereka terus dibina secara intensif,” tambahnya.

Artikel Terkait