Impian Ichsan Kurniawan untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut tinggal selangkah lagi. Pasalnya pemain muda Sriwijaya FC ini sudah dinyatakan lulus di tingkat provinsi Sumatera Selatan dan dalam waktu dekat akan bersiap mengikuti tes lanjutan tingkat nasional di Malang, Jawa Timur.

“Alhamdullilah, saya bersyukur sudah lulus di tingkat propinsi. Mungkin di minggu pertama Agustus ini seluruh peserta dari Sumsel akan berangkat ke Malang dan bersaing dengan calon prajurit lain dari seluruh Indonesia, saya mohon doanya dari seluruh pecinta SFC agar bisa sukses nantinya,” ujar alumnus Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) ini saat dihubungi Minggu (2/7) sore

Menurutnya, dari sekitar 400 pendaftar yang mengikuti tes di Sumsel, hanya terpilih 15 calon prajurit putra dan 4 calon prajurit putri yang berhak mengikuti tes lanjutan di Malang. “Saat ini, kami pun setiap harinya berlatih di Pangkalan AL Palembang guna persiapan tes tersebut. Kami belajar lagi PBB, push up, sit upp, pull up serta materi lainnya,” jelas eks timnas U19 ini.

Diakuinya, meski berat namun dirinya sudah bertekad untuk menembus tes lanjutan tingkat nasional nantinya. “Tentu kita harus optimis, sama seperti bermain sepakbola, yang bisa kita lakukan adalah berlatih keras, disiplin dan fokus menjalan instruksi dari pelatih. Mengenai hasil akhir kita serakan semua kepada-Nya,” tambahnya.

Pemain asal Martapura OKU Timur ini pun dengan tegas mengatakan bahwa usai pendidikan nantinya dan jika diterima di TNI AL, dirinya tidak akan melupakan mimpinya untuk menjadi pemain dan legenda laskar wong kito. “Saya tetap punya keinginan bermain sepakbola dan menjadi pemain SFC yang menjadi juara di tingkat junior maupun senior,” tekadnya.

Ichsan memang di musim 2012/2013 menjadi bagian tim SFC U21 yang berhasil menjuarai kompetisi Indonesian Super League (ISL) U21. Semusim kemudian, pemain yang menempati posisi gelandang jangkar ini dipromosikan ke skuad senior namun tidak pernah bermain karena juga terpanggil mengikuti TC jangka panjang Timnas U19 asuhan Indra Sjafri.