Palembang- Ribuan peserta terlibat memeriahkan  jalan sehat beregu dan gowes bersama dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Rumah Sakit Muhammad Hoesin  (RSMH) Palembang  ke 62, Minggu, (6/1). Kegiatan ini dihadiri langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD, Kadindinkes Provinsi dan pejabat penting lainnya di jajaran RSMH.
Gubernur berkenan mengangkat bendera start sebagai tanda dimulainya jalan sehat  sekitar pukul 07.00 Wib betermpat di halaman belakang RSMH.  Selanjutnya Gubernur dan rombongan ikut serta dalam jalan sehat kali ini dengan menyusuri ruas jalan protokol dalam kota Palembang dan sekitar satu jam rombongan gubernur  kembali memasuki halaman belakang RSMH sebagai titik finish.
Selanjutnya HD meninjau sejumlah kegiatan diantarnya bazar yang digelar  di aula rumah sakit. Dilanjutkan dengan acara puncak yakni pemotongan tumpung oleh Gubernur HD.
Dr Anang Triwibowo Ketua panitia kegiatan HUT RSMH menegaskan rangkaian sejak tanggal 11 Desember 2018. Diantaranya kerjasama dengan Polda telah melakukan kunjungan ke sekolah sekolah memberikan edukasi jauhkan narkoba dan HIV. Selanjutnya bhakti sosial, Simposium, kegiatan olahraga dan ziarah ke makam dr M Hoesin.  Donor darah dan lomba tumpeng yang diikuti 62 peserta.
Gubernur H Herman Deru  dalam arahnya usai jalan sehat tersebut mengucapkan, terima kasih pada jajaran keluarga besar RSMH Palembang atas pelayanan yang terlah dicurahkan kepada masyarakat Sumsel selama ini. HD juga mengapresiasi pada jajaran RSMH yang telah peduli lingkungan berupa kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang untuk membuat kolam retensi dan ruang terbuka hijau (RTH) sebagai langkah dini pencegahan terjadinya banjir di Kota Palembang. Karena itu Gubernur mengharapkan langkah tersebut menjadi contoh bagi lembaga lainnya mengingat kian terbatasnya lahan untuk resapan air. Yang seharusnya 30 dari wilayah ini adalah ruang terbuka hijau.
 “Saya sebagai gubenur mengucapkan terima kasih atas kerjasama RSMH dengan pemerintah kota terkait dengan RTH ini. Saya harap nantinya jangan hannya pembuatan  kolam retensi saja. Tapi buatkan juga tempat rekreasi. Nanti minta dengan Ketua Tim Penggerak PKK, di sana ada program ini,” tegas HD.
HD juga meminta semua pihak utamanya jajaran petugas kesehatan di Sumsel untuk sinerji dengan  TP PKK desa yang jumlahnya ribuan termasuk kalangan Mahasiwa harus terlibat dalam mengedukasi masyarakat di  bidang kesehatan.
“Kesehatan itu adalah barang mahal yang harus terus dijaga. Tanggung jawab kita semua  adalah berikan edukasi pada masyarakat agar dapat hidup bersih  dan sehat,” tandasnya.
Sementara itu, direktur Utama RSMH Palembang Dr M. Syahril mengungkapkan saat ini RSMH telah menjadi RS rujukan dimana  RSMH telah melayani 99.5 persen masyarakat Sumsel. Bahkan telah menjadi rujukan 5 Provinsi di pulau Sumatera.
“Kami juga mohon kepada pak gubernur untuk dapat memberikan support sehingga menjadi rumah sakit rujukan Nasional. Mohon kami juga dikawal sehingga rumah sakit ini dapat terus dikembangkan,” pungkasnya.
Dilain pihak Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Dr Bambang Wibowo  menegaskan, saat ini RSMH telah masuk dalam 14 besar RS rujukan nasional. Dan masuk dalam daftar 25  RS rujukan Internasional.
“Pesan saya  sebagai RS pendidikan utama bagi mahasiswa kedokteran UNSRI.  sebagai tempat mencetak dokter yang terampil dan  hebat. Saya minta RSMH mempersiapkan diri. Para dokter harus menjadi contoh yang benar bagi mahasiswa universitas, tolong terus bangun rumah sakit ini dengan tata kelola yg baik. Para dokter dan karayawan harus jadi contoh yang baik juga,” harapnya.
Dr Bambang Wibowo juga mengajak masyarakat Sumsel untuk meningkatkan prilaku hidup sehat yakni aktifitas fisik minimal 30 menit perhari. Perbanyak makan sayur dan buah serta periksa kesehatan secara rutin.
“Termasuk kebiasaan yang baik adalah membawa tempat minum sendiri dari rumah. Tujuannya adalah untuk mengurangi sampah atau libah yang dapat mencemari air dan lingkungan alam sekitar,” tandasnya.
Mengakhiri acara puncak HUT RSMH Palembang ke 62 kali ini. Gubernur melaunching ID Card serta E-Money. Serta meninjau stand lomba nasi tumpeng yang diikuti 62 peserta sebagai lambang HUT ke 62 RSMH Palembang tahun 2019. (ADV)