Palembang – Gubernur Sumsel Alex Noerdin menghadiri langsung pada penutupan Maulid Isyrin di Kampung Al Munawar Jalan KH. Hasyim Azhari 13 Ulu Palembang Rabu (17/1) tadi malam. Kedatangan orang nomor satu di Sumsel di sambut hangat oleh ribuan warga Kampung Al Munawar. Kegiatan ini juga diisi dengan sholawat, pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran dan Tausiyah.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Alex Noerdin sangat menyambut baik atas kegiatan yang diselenggarakan, bahkan dia meminta untuk diadakan terus tiap tahunnya. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah menjaga kondusifitas Provinsi Sumsel.

“Kita berkumpul disini duduk bersama dalam suasana yang damai. Alhamdulillah Sumsel yang zero konflik dan damai. Sumsel yang memberikan rasa damai kepada kita semua dan juga kepada tamu yang datang,”ujarnya.

Menurutnya, kondusifitas ini tentu tidak terlepas dari peran TNI/Polri dan seluruh elemen masyarakat Provinsi Sumsel. “Saya mengucapkan terimakasih kepada TNI/Polri dan seluruh warga masyarakat Sumsel yang menjaga kondusifitas yag telah membawa kedamaian kita semua,”ucapnya.

Perlu diketahui, Kampung Al Munawar sendiri memiliki rumah yang sangat unik, karena berbentuk rumah gudang, tetapi memakai atap limas. Rumah ini berdinding kayu dan bertiang kayu, dan terbagi batas tiga ruangan, yaitu bagian depan, tengah dan belakang. Bagian depan berupa teras terbuka yang bentuknya memanjang selebar bagian muka rumah. Bagian tengah terdiri atas ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur.

Kampung Al Munawar dikatakanya, sudah ada sejak 1825 pada saat itu warga keturunan dari Arab. Namun dulu Kampung Al-Munawar belum indah seperti sekarang. Atas perhatian Pemerintah yang ingin mengembangkan Kampung ini sehingga pemerintah membantu memperbaiki dan Alhamdulillah Kampung Al Munawar menjadi kebanggaan dan menjadi salah satu destinasi di Sumsel. “Saya harap kita semua selalu menjaga kampung Al Munawar yang diwariskan ini,”tuturnya.

Lanjut Alex, sebentar lagi tanggal 18 Agustus 2018 akan ada Asian Games. Provinsi Sumsel khususnya Kota Palembang menjadi tuan rumah bersama Jakarta dan salah satu syarat menjadi tuan rumah itu adalah kondusif. “Mari kita jaga bersama kondusifitas ini, sehingga pelaksanaan Asian Games bisa berjalan dengan lancar dan sukses,”tutupnya.

Artikel Terkait