PALEMBANG — Bulan puasa Ramadhan 1437 H baru pada hari kedua. Bank Indonesia (BI) sudah melakukan persiapan untuk menghadapi hari raya Idul Fitri. “Bank Indonesia menyediakan uang rupiah pecahan kecil sebanyak Rp4,3 triliun untuk memenuhi permintaan penukaran uang menjelang perayaan idul fitri mendatang,” kata Hamid Ponco Wibowo Kepala Kantor Perwakilan BI wilayah VII Palembang, Selasa (7/6).
Menurut  Hamid Ponco, selama hari raya Idul Fitri tahun ini BI sediakan uang Rp4,3 triliun, proyeksi uang sebanyak itu akan cukup sesuai keinginan perbankan. “Selain itu juga kami membuka 47 outlet di Sumatera Selatan dan sejumlah bank telah siap melayani masyarakat untuk penukaran uang kecil,” katanya.
Untuk kebutuhan penukaran uang pecahan kecil lebaran tersebut, BI telah menggandeng bank lainnya, diantaranya Bank SumselBabel, BRI, BCA, BNI, dan Bank Mandiri.
Di setiap bank tempat penukaran, akan terdapat spanduk khusus bagi bank yang melayani penukaran uang rupiah pecahan kecil serta tidak ada pungutan biaya apapun dari pihak bank. “Penukaran uang tidak dipungut biaya, kami juga mengimbau kepada masyarakat tidak perlu menukar uang sebanyak mungkin, tukarlah sesuai kebutuhan,” pesannya.
Pada hari raya Idul Fitri tahun ini menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Palembang, penukaran uang diprediksi mengalami penurunan sebesar 4,8 persen dibanding tahun lalu. “PenurunaniIni karena alokasi kebutuhan penukaran uang rupiah pecahan kecil di Bangka Belitung telah dipenuhi langsung oleh BI wilayah Pangkal Pinang,” ujar Hamid Ponco
Sementara itu CEO Region II Sumatera Bank Mandiri Ridwan menjelaskan, Bank Mandiri siap melayani masyarakat dengan menyiapkan uang rupiah pecahan kecil sebesar Rp700 milyar selama ramadhan dan lebaran.
“Mudah-mudahan ini cukup bagi masyarakat, selain itu juga kami menyiapkan mobil yang akan beroperasi pada tanggal 25-26 juni mendatang serta weekend banking,” katanya. (juniara)

RelatedPost