PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin kembali tampil sebagai pembicara pada forum internasional tentang lingkungan hidup dan perubahan iklim.
Kali ini Gubernur Sumsel mendapat kehormatan sebagai pembicara pada The Oslo Exchange REDD (Reducing  Emissiion from Deforestation and Degradation) Conference yang berlangsung di Oslo, Norwegia, 14 – 15 Juni 2016.
Menurut staf khusus Gubernur Sumsel bidang Perubahan Iklim Najib Asmani dalam keterangan persnya dari Oslo, Alex Noerdin adalah satu-satunya Gubernur dari Indonesia yang diundang sebagai pembicara pada acara level dunia tersebut yang dihadiri sekitar 500 peserta dari 150 negara. Pembicara lainnya dari Indonesia adalah Nazir Foead Kepala Badan Restorasi Gambut.
Presentasi Gubernur Sumatera Selatan pada Selasa 14 Juni 2015 pukul 14.00 waktu setempat atau bersamaan dengan pukul 19.00 WIB. “Kehadiran Gubernur  Sumatera Selatan pada pertemuan tersebut didasari berbagai pertimbangan dari lembaga lingkungan internasional yang sangat tertarik tentang upaya Sumatera Selatan yang telah melakukan berbagai kegiatan pembangunan pertumbuhan hijau atau green growth development melalui kemitraan pengelolaan lanskap,” ujar Najib Asmani.
Kepedulian Gubernur Alex Noerdin terhadap lingkungan dan perubahan iklim telah menjadikan dirinya sebagai nara sumber pada berbagai forum internasional tentang lingkungan hidup.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel yang telah mempromosikan model kemitraan untuk pengelolaan lanskap telah berbicara “High Level Roundtable Forum – Bonn Challenge 02 pada Maret 2015 di Bonn, Jerman kemudian pada COP 21 Paris  pada Desember 2015. Alex Noerdin fokus berbicara tentang mengembalikan lanskap dan mengendalikan kebakaran hutan sebagai bagian dari kegiatan REDD +. (dedi/ril)

RelatedPost