PALEMBANG — Sebagai pelopor sekolah gratis, Gubernur provinsi Sumatera Selatan akan mengkaji kembali bentuk integrasi program Berobat Gratis Jaminan Sosial (Jamkesos) Kesehatan Sumsel Semesta ke BPJS dalam upaya menjalankan perintah UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Diungkapkan Alex Noerdin pemprov Sumsel akan menyatukan program berobat gratis dengan BPJS. Namun, pola integrasi yang akan dilakukan dianggap perlu dikaji lebih dalam dengan masih banyaknya keluhan warga terkait pelayanan BPJS.

Menurutnya, pemerintah daerah mencari pola yang dapat menjadi jawaban atas pelayanan BPJS yang masih terus disempurnakan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Kami pasti ikut kebijakan integrasi Jamkesda-BPJS karena memang amanat UU. Tapi bagaimana keluhan warga bisa kita selesaikan. Misalnya, saat ini pelayanan rawat inap BPJS dibatasi waktunya kan susah, pasien bisa mati dijalan,” ujar Alex, Jumat (20/01).

Diakui Alex, integrasi program berobat gratis juga menimbulkan konsekuensi pembengkakan anggaran bagi daerah. Oleh sebab itu, Pemprpv Sumsel berupaya untuk mencari formulasi yang tepat untuk integrasi Jamkesda ke BPJS agar tidak membebani APBD. (juniara)

Artikel Terkait