Palembang – Gubernur Sumsel Alex Noerdin berkesempatan menjadi Inspektur Upacara (Irup) memperingati Hari Bhayangkara ke-72 Tahun 2018 di Lapangan Upacara Satbrimob, Rabu (11/7). Sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo, Alex Noerdin pun meminta semua aparat Polri tak boleh lengah.
Selaku Irup, Gubernur Alex Noerdin membacakan Teks Amanat Presiden RI, Joko Widodo yang berisi beberapa pesan dan apresiasi kepada Polri. Terutama untuk aparat yang penuh kesungguhan bertugas di daerah-daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, terpencil serta yang sedang bertugas Misi Internasional di luar Negeri.
“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri yang bertugas di jalan-jalan raya untuk memastikan lalu lintas pada mudik lebaran berjalan lancar. Saya menyampaikan apresiasi yang selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban hingga umat Islam bisa menjalankan bulan suci Ramadhan dengan tenang,”ujarnya.
Selain itu, lanjut Alex Presiden  juga mengapresiasi kepada anggota Polri yang bekerja keras agar penyelenggaraan pilkada serentak 171 Daerah bisa berjalan aman dan tertib. “Saya yakin apa yang dilakukan setiap anggota Polri wujud pengabdian baik kepada rakyat, bangsa dan negara,”tuturnya.
Pada peringatan Bhayangkara ke-72, kata Alex negata juga telah mendapatkan kabar baik, karena Dunia Internasional telah menempatkan Indonesia kedalam daftar 10 Negara teraman di Dunia. “Ini sebuah capaian yang membanggakan kita semua, sebuah capaian yang harus kita jaga dan pertahankan. Dan tentu di dalamnya ada peran Anggota Polri, ada kerja keras Anggota Polri serta ada pengabdian dan dedikasi Anggota Polri. Tapi saya mengingatkan agar seluruh anggota Polri tidak cepat berpuas diri karena kedepan Polri akan menghadapi tantangan tugas lebih berat,”ungkap Alex.
Di samping itu, di era digital seperti saat ini Polri harus mampu mengantisipasi perkembangan tindak kejahatan yang semakin beragam.
Selain itu Polri harus terus menyiapkan kewaspadaan dan kemampuan dalam menghadapi ancaman terorisme, mengingat terorisme adalah kejahatan yang luar biasa terhadap Negara, Bangsa serta Kemanusiaan.
“Saya minta seluruh Anggota Polri jangan pernah lengah, tetap sigap dan waspada dalam menjalankan tugas. Polri harus selalu melakukan pemetaan diri atas potensi ancaman keamanan dan ketertiban yang terjadi dalam masyarakat, selanjutnya lakukan langkah-langkah pencegahan,”tutup Gubernur Alex Noerdin.
Adapun tema HUT kali ini adalah dengan semangat Prometer, Polri siap mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019″.

Artikel Terkait