Jakarta- Berkat perhatiannya yang besar terhadap pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dianugerahi Gelar Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Penganugerahan tersebut semakin menambah deretan prestasi yang diraih Alex Noerdin selama kepemimpinannya menjadi Gubernur Sumsel.

Penganugrahan Gelar Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan tersebut dilakukan langsung Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto M.Si kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada acara Peringatan HUT ke-61 LAN RI di Ruang Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto MPA, Kantor LAN RI Jakarta, Senin (6/8).

Selain Gubernur Sumsel Alex Noerdin, penganugerahan gelar yang sama juga diterima oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo (Pakde Karwo). Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi dan dedikasi yang tinggi kedua Gubernur tersebut terhadap pengembangan kompetensi ASN.

Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto M.Si mengatakan, pihaknya sengaja mengundang secara khusus dua Gubernur pada peringatan HUT ke-61 LAN RI kali ini yakni Gubernur Gubernur Sumatera Selatan Ir. H. Alex Noerdin dan Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo (Pakde Karwo), karena kedua Gubernur tersebut merupakan kepala daerah yang sangat berprestasi.

“Kita sengaja mengudang secara khusus dua Gubernur ini karena akan memberikan penghargaan atas kontribusi dan dedikasi yang tinggi terhadap pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara,” ungkapnya.

“Pak Gubernur Alex Noerdin ini merupakan sosok Kepala daerah yang sangat perduli terhadap ASN. Selain itu, beliau ini alumni terbaik, walaupun dulu ada di catatan diklatnya sering keluar malam,” ucap canda Kepala LAN RI, Adi Suryanto.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam kata sambutanya mengatakan, secara pribadi dirinya sangat merasa terhormat mendapatkan gelar Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan.

“Saya pribadi sungguh merasakan kehormatan ini mendapatkan Gelar Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan, luar biasa bagi saya pribadi, yang saya dapatkan ini persis sama dengan yang di dapat Pakde Karwo,” ujar Alex.

Menurut Alex Noerdin, untuk meraih gelar Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan tidaklah mudah, sebagai kepala daerah dirinya telah memalui banyak tahapan dan semua jenjang pelatihan diikuti.

“Tadi Pak Kepala LAN bilang saya suka keluar malam memang benar kalau diklat, tapi tidak juga setiap malam. Kami ada lima orang itu sama-sama, dua orang jadi Gubernur, ada juga jadi Kapolda dan jadi orang besar yang hebat semua,” lanjut Alex.

Dalam kesempatan itu, Alex Noerdin juga sempat membeberkan tentang kedekatan dan keakrabannya dengan Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo.

“Ada 6 Gubernur senior di Indonesia yang akan pensiun tahun 2018 ini dua diantaranya saya dan Pakde Karwo. Jadi, kami berdua ini bukan Gubernur “Karbitan” karena semua bimbingan dan pelatihan kami lalui. Saya bersahabat dengan Pakde Karwo, kalau ketemu pasti berantem tapi kalau jauh sama-sama kangen, karena saya selalu serius sedang kan pakde Karwo suka becanda,” terangnya.

Sementara itu, nampak hadir mendampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada acara penganugrahan Gelar Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan, Kepala Badan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Sumsel, Kepala BKD Provinsi Sumsel dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. (Adv)

Artikel Terkait