Palembang – Gubernur Sumsel Alex Noerdin menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara pada Gelar Pasukan Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2018/ 1439 H di Terminal Alang-Alang Lebar KM. 12 Palembang, Jumat (8/6). Dalam kesempatan itu Alex meminta petugas benar-benar memberikan pengawasan extra terhadap keselamatan bertransportasi.
“Sebagaimana diketahui bahwa angkutan Lebaran yang dilaksanakan setiap tahun merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan bersilaturahmi dengan keluarga masing- masing, hal ini perlu didukung oleh suasana yang nyaman, aman dan lancar selama perjalanan, sehingga selamat sampai tujuan,”hal itu ditekankan Gubernur Alex Noerdin kepada personil gabungan gelar kesiapan angkutan lebaran 1439 H.
Dikatakannya, pada angkutan Lebaran tahun 2018 (1439 H) ini, diperkirakan lonjakan pergerakan penumpang dalam masa angkutan Lebaran dengan memperhatikan pengalaman di tahun 2017. Terlihat bahwa lonjakan pergerakan penumpang meningkat lebih kurang 7 % terutama pada H-5 dan H+3 sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan koordinasi yang terpadu terhadap petugas yang terkait terutama dalam hal keamanan, kenyamanan, kelancaran dan keselamatan selama dalam perjalanan.
“Sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam upaya meminimalisir tingkat kecelakaan, baik darat, laut, udara dan kereta api,” ujarnya.
“Untuk itu kita perlu mempersiapkan dengan baik sarana dan prasarana, serta petugas yang telah ditunjuk untuk melakukan pengawasan, pengendalian dan pelayanan terhadap kelancaran dan keselamatan lalu lintas serta memperhatikan kesiapan dan kesehatan para awak tiap-tiap moda angkutan,”terang Alex.
Selanjutnya, Gubernur Alex Noerdin juga mengingatkan perlu diperhatikan bahwa kondisi cuaca yang tidak bersahabat dan titik rawan longsor juga akan mempengaruhi kelancaran, kenyamanan dan keselamatan lalu lintas yang dapat menjadi salah satu faktor penghambat dan penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Sebagai antisipasi terhadap kemacetan dan terjadinya kecelakaan lalu lintas angkutan jalan, Gubernur Alex Noerdin mengatakan jajaran perhubungan Provinsi Sumatera Selatan telah mempersiapkan mobil derek yang ditempatkan pada jalur angkutan Lebaran. Adapun titiknya di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Ilir serta kabupaten lainya, untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas selama masa angkutan lebaran berlangsung.
“Untuk itu saya mengintruksikan kepada para petugas di lapangan untuk memberikan pengawasan yang sungguh-sungguh terhadap keselamatan transportasi serta mengantisipasi agar tidak terjadi masalah seperti percaloan tiket kenaikan tarif melebih ketentuan, telantarnya penumpang serta melakukan tindakan tegas terhadap setiap pelanggaran guna menjamin kelancaran keamanan, serta kenyamanan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman,”lanjut Alex.
Maka, sangat diperlukan koordinasi dengan instansi terkait yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan lagi, dengan di dukung oleh posko terpadu yang telah disiapkan baik di tingkat Pusat Provinsi dan Kabupaten/ Kota.
“Kita sebagai Instansi Pemerintah di Bidang Perhubungan harus benar-benar memperhatikan kelaikan jaian dan moda transportasi, terutama seperti kondisi ban, lampu-lampu, rem dan kelengkapan tanggap darurat dengan melakukan pengecekan fisik kendaraan atau ramp chek,”pungkasnya.

Artikel Terkait