Palembang- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersilaturahmi dan mensosialisasikan Asian Games XVIII tahun 2018 kepada Kerukunan Keluarga Palembang Darussalam pada acara pelantikan dan pengukuhan Angkatan Muda Kerukunan Keluarga Palembang Darussalam se-Sumsel di Griya Agung Palembang, Rabu malam (9/5).

Hadir di kesempatan ini Dewan Pembina Pimpinan Pusat Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam, Sultan SMB IV Fauwas Diradja, Dewan Penasehat Pimpinan Pusat Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam Ir. Kgs. A. Rozak, Ketua Umum Pengurus Pusat Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam, Alfa Siti Aisah Gaja Nata, serta ribuan pemuda yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Palembang Darussalam.

Melalui pelantikan tersebut, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengajak seluruh Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam bersama membangkitkan kejayaan Sriwijaya yang diteruskan pada masa Kesultanan Darussalam.

Menurut Alex, Kerukunan Keluarga Palembang Darussalam harus memberikan kebanggaan kepada para leluhur nenek moyang dengan membuat karya yang menggetarkan bangsa Indonesia.

“Semua harus memberikan kebanggaan kepada nenek moyang kita dan membangkitkan kejayaan Sriwijaya, caranya dengan membuat Palembang, membuat Sumatera Selatan dikenal dunia,” tegasnya.

Lanjut Alex Noerdin, dengan menjadi tuan rumah Asian Games menjadikan salah satu bentuk tindakan nyata yang dilakukan Pemerintah Provinsi mengembalikan kejayaan Sriwijaya. Dengan Asian Games, Palembang Provinsi Sumsel semakin dikenal dunia dan menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan di Indonesia.

“Ayo, momen itu suatu kebanggaan, mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya pelaksanaan Asian Games di Palembang,” ajak Alex.

Lanjut Alex, sebagai upaya mendukung pelestarian warisan budaya Palembang Darussalam dalam waktu dekat akan segera dikeluarkan Paraturan Gubernur (Pergub) tentang pemakaian Gandik dan Tanjak pada pusat-pusat pelayanan. “Segera akan kita keluarkan Pergub tentang pemakaian Gandik dan Tanjak di  pusat-pusat pelayanan,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam, Alfa Siti Aisah Gaja Nata mengatakan, pelantikan yang dilakukan bertujuan untuk mengajak para pemuda di Sumsel mengenal dan melestarikan warisan budaya Palembang Darussalam.

Menurutnya, dimasa modern saat ini para pemuda banyak yang melupakan warisan budaya Palembang Darussalam. Untuk itu melalui Angkatan Muda tersebut diharapkan dapat mempertahankan, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan Palembang Darusalam Provinsi Sumsel.

Anggota Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam bukan hanya etnis Palembang semata melainkan para pemuda di wilayah Sumsel dan Bangka Belitung sesuai dengan wilayah kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam dimasanya yang meliputi Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung,” ujarnya.

Sebagai Ketua Umum, Alfa Siti Aisah Gaja Nata mengharapkan moment Asian Games di Kota Palembang dapat dimanfaatkan bersama dalam melestarikan warisan budaya Palembang Darussalam. Tujuannya, untuk memperkanalkan Kebudayaan Palembang Darussalam kepada tamu-tamu dari negara peserta Asian Games.

“Kita berkeinginan selama pelaksanaan Asian Games nanti dipusat-pusat pelayanan, pusat perbelanjaan, lestoran khas Palembang dan lainnya, para pegawainnya berseragam memakai Tanjak dan Gandik, kita perkenalkan kebudayaan Palembang Darussalam,” pungkasnya.

Artikel Terkait