PALEMBANG — Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatera Selatan siap mendukung dan turut andil ambil bagian untuk mensukseskan Sumsel
sebagai tuan rumah Asian Games 2018

Hal ini diungkapkan Ketua Khawatir Daerah Gerakan Pramuka Mukti Sulaiman. Keyakinan ini didasari dengan adanya kekuatan 17 cabang,  236 ranting serta 660 ribu anggota disemua daerah kabupaten kota di provinsi Sumsel dengan potensi keahlian yang berbeda.

Menurut Mukti, permasalahan yang dihadapi bangsa seperti masalah kebhinekaan Republik Indonesia, serta masalah narkoba sarat dan yang lainnya dalam lingkungan masyarakat, Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel siap untuk melakukan pembinaan dan sosialisai kepada masyarakat.

” Setiap anggota Pramuka diajarkan arti tentang kebersamaan antar sesama manusia, umat beragama juga suku, jadi Insya Allah bisa saling membantu antar sesama,” katanya.

Lebih lanjut, Mukti Sulaiman mengatakan bahwa Narkoba merupakan musuh utama disetiap lapisan masyarakat, Oleh karena itu, Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel tidak akan segan menindak tegas semua pemakai narkoba termasuk juga anggota Pramuka.

“Kami laporkan kepada Pak Gubernur tidak ada satu pun anggota Pramuka aktif pengguna narkoba. Sanksi tegas kalau itu terjadi, 660 ribu anggota kalau keahlian potensinya menjadi kekuatan besar di Sumsel,” tegasnya.

Sementara, Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Gerakan Pramuka Kwarda Sumsel untuk menyukseskan Asian Games 2018′
“Adik-adik Pramuka dengan seragam Pramuka akan menjadi unjung tombak  bersama para mahasiswa mahasiswi lainnya untuk memajukan bangsa Indonesia,” kata Alex Noerdin.

Orang nomor satu di Sumsel ini juga meminta para anggota Pramuka untuk menjaga lingkungan sekitar agar tidak terjadi lagi kerusakan alam. Apalagi Sumsel pernah mengalami bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang menyebabkan terjadinya kabut asap.

“Untuk tahun ini kemarau lebih panjang dan lebih kering. Oleh karena itu mari anggota Pramuka Sumsel untuk menjaga lingkungan masing-masing, ” ajaknya. (juniara)

Artikel Terkait