Mepetnya pelaksanaan turnamen Piala Jenderal Sudirman dengan gelaran Habibie Cup membuat beberapa pihak sempat meragukan kebugaran pemain yang turun di 2 ajang tersebut. Seperti halnya Otavio Dutra dan Evan Dimas yang dinilai bermasalah pada fisiknya pada laga perdana turnamen PJS dan dikaitkan dengan keikutsertaan keduanya pada turnamen Habibie Cup sebelumnya.

Manajemen Sriwijaya FC sendiri tidak menampik adanya kekhawatiran tersebut mengingat proses recovery yang sangat singkat. Pelatih fisik laskar wong kito, Gasely Jun Panam mengaku dirinya terus memantau kondisi 7 pemain SFC yang turun di turnamen tersebut yakni trio Asri Akbar, Fathulrahman dan Titus Bonai yang membela Persipare, kemudian Osas Saha, Ferdinan Sinaga, Achmad Hisyam Tolle (Gasma Enrengkang) serta Patrich Wanggai yang memperkuat Sidrap United.

“Pasti khawatir, karena recovernya mereka sangat mepet dan nyaris tanpa istirahat. Saat ini kami tetap berusaha agar mereka tetap mampu menampilkan permainan terbaiknya walau tahu kelelahan itu pasti ada. Selain itu, kita juga siapkan treatment seperti terapi dan memberikan nutrisi untuk memulihkan stamina mereka,” jelas Gaselly.

Titus Bonai sendiri saat ditanya mengenai hal ini mengaku memang merasa cukup lelah pasca mengikuti turnamen Habibie Cup. “Namun tidak ada masalah mengenai fisik, sejauh ini saya bisa mengikuti program latihan di SFC dengan baik dan semuanya berjalan lancar,” jelas kapten tim SFC ini.

Dirinya pun menegaskan siap memberikan yang terbaik di turnamen PJS dan memiliki motivasi tambahan. “Kebetulan istri sekarang sedang ikut di Malang, dengan hadirnya dia maka saya akan lebih baik lagi. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Patrich Wanggai yang juga bermain hingga partai puncak turnamen Habibie Cup. “Malah fisik saya lebih terjaga dengan ikut turnamen itu, namun yang menjadi momok adalah kejenuhan. Sejauh ini saya pun tidak terlalu bermasalah dan untuk turnamen PJS yakin dapat bermain seperti biasa,” jelas Patrich.

Menurutnya, apa yang dialami oleh Otavia Dutra dan Evan Dimas saat memperkuat Surabaya United di partai pertama lalu adalah hal biasa dan tidak ada kaitannya dengan keikutsertaan di turnamen Habibie Cup. “Partai pertama selalu sulit, jadi jika ada pemain yang penampilannya menurun, saya rasa itu manusiawi dan kita lihat kedepan, mereka pasti bisa menunjukkan yang terbaik lagi,” bebernya.

Skuad SFC sendiri saat ini sudah tiba di Malang dan menginap di hotel Ijen Suite bersama kontestan grup A lainnya. “Pemain tadi bertolak dari Solo via kereta api Malioboro Ekspress dan tiba pukul 15.30 di Malang. Tim sendiri direncanakan akan menggelar sesi uji coba lapangan di stadion Kanjuruhan pada Rabu (18/11) pagi,” jelas sekretaris tim SFC, Achmad Haris.