Meski menjelaskan dirinya tidak terlalu berambisi, namun Ferdinan Sinaga menyatakan siap comeback ke timnas jika nanti mendapatkan panggilan kembali dari PSSI.  Apalagi di laga uji coba yang diagendakan dilaksanakan di akhir Maret nanti akan dipimpin oleh pelatih asal Sriwijaya FC, Beny Dollo.

“Saya pikir jika berbicara timnas maka bukanlah mau atau tidak mau, tapi sebuah kewajiban dan kebanggaan. Jika memang dipanggil maka harus siap, tapi saya tidak akan memaksakan diri kalau memang masih banyak pemain yang lebih layak nantinya,” ungkap pemain terbaik Indonesian Super League (ISL) musim lalu ini.

Menurutnya, dirinya memahami bahwa pelatih memang memiliki hak khusus dalam menentukan pemain yang akan direkrutnya di dalam tim. “Karena itu saya tidak kecewa walau sehabis juara bersama Persib Bandung tidak dilibatkan di timnas yang bermain di AFF Vietnam, karena setiap pelatih pasti punya pertimbangan dari sisi teknis,” tambahnya.

Terkait penunjukan Beny Dollo sebagai pelatih timnas, Ferdinan sendiri mengaku dapat memahami serta mendukung keputusan PSSI tersebut. “Om Beny adalah sosok pelatih senior dengan sarat pengalaman. Kemampuannya selama ini sudah teruji baik saat di klub maupun di timnas, dengan kondisi yang serba mepet maka tepat jika PSSI memilihnya,” terangnya.

Ferdinan Sinaga sendiri terakhir membela timnas pada ajang Asian Games XVII, Oktober tahun lalu Incheon Korea Selatan. Bersama Ahmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo, Ferdinan bergabung bersama timnas U23 dan mampu lolos dari putaran grup sebelum dikalahkan Korea Utara di babak 16 besar. Dalam ajang ini, Ferdian Sinaga akhirnya tampil sebagai top score turnamen dengan torehan 6 gol.

Sementara itu, Bendol sendiri menyatakan dirinya belum dapat berbicara banyak mengenai kerangka tim timnas. “Saya belum putuskan karena harus berkoordinasi dengan PSSI terlebih dulu, termasuk juga pemilihan asisten pelatih. Tapi jika memang ada pemain SFC yang layak masuk, tentu akan kita panggil juga,” ujarnya singkat.

Related Post