Palembang – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lahat periode 2018-2023 Lidyawati S.Hut akhirnya resmi dilantik, Minggu (9/12) di Griya Agung. Pelantikan itu dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Sumsel, Febrita Lustia Herman Deru.
Pelantikan Lidyawati dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars PKK. Kemudian diteruskan dengan Pembacaan Surat Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel. Usai acara pelantikan dilakukan juga serah terima jabatan dari pengurus TP PKK Kabupaten Lahat yang lama Suharyanti Marwan kepada Lidyawati Cik Ujang.
Mengawali sambutannya Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Febrita Deru mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Bupati Lahat. Semoga dapat menjalankan kepercayaa  yang telah diberikan dengan penuh amanah.
Febrita juga tak lupa mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Periode sebelumnya yang telah mengemban amanah dengan penuh tanggungjawab serta dedikasi yang sangat tinggi.
Lebih jauh dikatakannya Gerakan PKK adalah gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah. Pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwunudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, seeta sejahtera, lahir dan batin.
PKK jelas dia dengan 10 program pokoknya merupakan kekuatan yang strategis  apabila sepuluh program tersebut dapat menjadi pilar yang kokoh dan tidak hanya berfokus pada kesejahteraan. Namun PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB.
“Melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. PKK juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UP2K PKK,” ujarnya.
Kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten, Febrita mengimbau u tuk terus memotivasi, membimbing dan membina TP PKM Kecamatan, Desa beserta para kadernya lebih berdaya guna dalam melaksanakan tugas damfungsinya.
“Saya harap kepada Ketua TP PKK yang baru untuk dapat melanjuykan tugas mewujudkan viso-misi Gerakan PKK, melaksanakan Sepuluh Program Pokok PKK, fokus kepada progra.-program yang telah ditetapkan di Rakernas VIII tahun 2015. Kemudian segwra menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Menyusun program kerja yang akan dijalankan , pelajari aturan-aturan maupun hal yang berkaita   dengan  pedoman kerja,” tegasnya.
Di tempat yang sama Bupati Lahat yang baru dilantik Cik Ujang yang juga merupakan Ketua Tim Pembina TP PKK Kabupaten Lahat mengatakan sangat berterimaksih kepada Gubernur dan Wakil Guberun Sumsel serta Ketua TP PKK Sumsel.
“Dengan telah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati serta Ketua TP PKK ini maka kami telah diuntut bekerja dan memberikam prlayanan untul kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat,” jelasnya.
Tujuan gerakan PKK sebagaimana disebutkan dalam Perpres RI Nomor 99 Tahun 2017 tentang  gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga adalah memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
“Untuk mencapai tujuan tersebut tentu sangat diharapkan bimbingan, petunjuk dan arahan dari Ketua TP PKK Sumsel beserta anggota pengurusnya” tambah Cik Ujang.
Dalam melaksanakan tugas yang baru ini Cik Ujang berkomitmen menjalankan roda oemeri tahan di Kabupaten Lahat, akan mendukung agar TP PKK periode 2018-2023 dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih oleh kepengurusan sebelumnya.
“Keberhasilam suatu program akan dapat dilaksanakan dan terealisasi dengan baik apabila adanya dukungan dan kerjasama dan koordinasi khususnya dari anggota pengurus TP PKK itu sendiri dan juga dari semua pihak. Seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang merupakan Satminkal, dan beberapa dinas lainnya, ” jelas Cik Ujang.
Selain dihadiri Ketua TP PKK Se Sumsel, pelantikan tersebut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmad Najib, Bupati Lahat Cik Ujang. (Adv)

RelatedPost