PALI — Forum Komunikasi Istri Kepala Daerah (Forsikada) se-Sumatera Selatan menggelar pertemuan silaturahmi di gedung kesenian kota Prabumulih,Selasa (24/1).

Kota Prabumulih dan Kabupaten PALI didaulat sebagai tuan rumah kegiatan tahunan bagi istri kepala daerah tersebut, selain istri-istri kepala daerah se-Sumsel, Hj Tartila Ishak Mekki juga tampak berada ditengah-tengah undangan.

Yang menarik perhatian pada acara tersebut yakni gelaran fashion show pakaian batik khas Bumi Serepat Serasan, yang mampu memukau seluruh undangan yang hadir.

Sepuluh orang model memperagakan delapan motif batik khas PALI,diciptakan pembatik asli Bumi Serepat Serasan dengan binaan Hj Sri Kustina, ketuaTP PKK kabupaten PALI. Dimana tanpa lelah, istri Heri Amalindo siang dan malam membina bahkan terjun langsung menorehkan alat batik diatas kain polos hingga tercipta motif batik yang indah yang mencerminkan alam dan kehidupan di Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut.

Keindahan motif batik serta kreativitas Hj Sri Kustina, mendapat pujian dari istri Wakil Gubernur Hj Tartila Ishak Mekki. Dalam sambutanya, Hj Tartila mengharapakan agar batik yang ada di Sumsel untuk dilestarikan dan dikembangkan.

“Ini contoh yang bagus sebagai bentuk pengenalan daerah, sebab mengenalkan daerah bukan hanya terpaku pada objek wisata maupun keindahan alam saja,melainkan perlu kreativitas agar daerah kita bisa dikenal di daerah lain. Seperti contoh PALI dan Prabumulih, yang mencoba menonjolkan batik khas PALI, serta pengelolaan sabut kelapa oleh Pemkot Prabumulih,” pujinya.

Sementara itu, sebelum menggelar fashion show, Hj Sri Kustina menjelaskan bahwa kegiatan Forsikada se-Sumsel harus dijadikan ajang mempererat tali silaturahmi antar istri kepala daerah.

“Forsikada tahun ini Prabumulih dan PALI merupakan tempat yang ditunjuk untuk mengadakan pertemuan rutin ini. Selain untuk mempererat tali silaturahmi,juga sebagai ajang mengenalkan daerah kita masing-masing. Kali ini, Prabumulih akan memberikan ilmu cara membuat media tanam dari sabut kelapa dan dari PALI akan memperagakan busana batik khas PALI,” jelasnya. (yudhi)

Artikel Terkait