Sriwijaya FC harus melewati ujian berat di laga pembuka turnamen Piala Presiden 2018, Selasa (16/1) sore di stadion Gelora Bandung Lautan Api. Laskar Wong Kito akan mendapat hadangan dari Maung Bandung yang dikenal sangat sulit dikalahkan bila bermain di kandangnya.

“Laga pembukaan di turnamen apapun akan sangat penting. Pemain akan belajar beradaptasi dengan situasi pertandingan yang sesungguhnya, situasi yang pasti berbeda dengan laga uji coba yang sudah kita mainkan sebelumnya. Hal ini sangat penting untuk menguji mental seluruh pemain,” ujar RD saat sesi press conference, Senin (15/1) siang.

RD sendiri menyebut pihaknya datang ke Bandung dengan kekuatan penuh. “Kami mendaftarkan 29 pemain untuk turnamen ini, namun baru akan lengkap setelah tanggal 20 Januari nanti dan mereka siap untuk turun ke ke lapangan. Sejak awal dirinya menjadikan turnamen Piala Presiden ini sebagai ajang untuk mengasah kemampuan timnya dan enggan membebani dengan target tinggi. “Pemain harus belajar untuk memenangkan pertandingan dan tidak mau kalah. Walau belum sempurna dan saya pun yakin semua tim juga mengalami hal yang sama, tetapi paling tidak semua pemain harus menunjukkan mentalitas tinggi,” tambahnya.

Di laga ini, RD sendiri mengaku masih harus berpikir keras untuk menentukan susunan starting eleven terbaiknya dan baru akan mengumumkan line up tim usai meeting terakhir yang akan dilaksanakan Selasa (16/1) pagi.

Sementara itu, meski hanya bertajuk ajang preseason, namun pelatih Persib Mario Gomez berharap Achmad Jufrianto dkk bermain dengan maksimal dan meraih hasil terbaik.

“Besok adalah turnamen yang penting karena besok juga turnamen penting di Indonesia. Kami berharap bisa mendapat hasil yang bagus dan memberi dampak bagus bagi tim karena kita punya banyak pemain baru,” jelasnya.

Gomez pun mengakui bahwa Sriwijaya FC bisa menjadi lawan yang tepat bagi timnya yang harus diuji kemampuannya menjelang turun di kompetisi sesungguhnya nanti. “Lawan yang akan kami hadapi besok pun adalah lawan yang bagus untuk mengukur kekuatan kita,” tutur pria asal Argentina itu.

Rencana susunan starter untuk meredam amukan kubu tamu pun sudah dirancang pelatih 60 tahun itu. Sektor yang menjadi perhatiannya adalah lini belakang karena mereka akan menghadang gempuran tim lawan. Bojan Malisic dan Ahmad Jufriyanto pun akan disiapkan olehnya sebagai palang pintu di depan gawang Persib karena Victor Igbonefo masih disimpan setelah dirinya baru jalankan tugas bersama timnas.

“Besok kita akan tampil dengan Jupe dan Bojan. Mereka akan bekerja sama besok. Victor dan pemain lain yang kemarin gabung dengan tim nasional tidak akan main, mungkin untuk game berikutnya. Saya sudah katakan turnamen ini penting buat kami,” tukasnya.

Artikel Terkait