PALEMBANG — Setelah Cempako Telok, dan Patung Iwak Belido, Dinas Tata Kota (Distakot) Palembang juga terus mempercantik Kota Palembang dengan rencana-rencana pembangunan desain yang dapat menjadi icon Kota Palembang.

kali ini Distakot Palembang telah mempersiapkan design Mahkota Kerajaan Sriwijaya atau yang biasa dikenal “Aesan Gede” yang akan menjadi tugu selamat datang bagi tamu-tamu yang datang melalui jalur udara dan perairan.

Dengan menggandeng pihak ketiga, bangunan tugu selamat datang di Kota Palembang dengan tinggi mencapai 12 meter tersebut, akan diletakkan tepat di persimpangan tiga Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) Palembang.

“Kita kembali membangun icon kota Palembang. Kali ini, mahkota yang biasa dipakai pada pakaian adat Palembang atau yang biasa dikenal “Aesan Gede”, menjadi penghias tugu selamat datang yang akan dibangun di simpang 4 Bandara SMB II,” jelas kepala Distakot Palembang Isnaini Madani.

Isnaini mengungkapkan, pembangunan yang akan menggunakan dana Corporate Sosial Responbility(CSR) salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tidak hanya dibangun sebatas tugu selamat datang. Akan tetapi, icon baru tersebut, akan dilengkapi kawasan terpadu untuk wisata, dilengkapai area parkir yang luas.

“Tempat ini akan dijadikan kawasan wisata baru yang dilengkapi dengan tama wisata, bahkan disana juga akan dibangun kolam retensi akan menjadi penyejuk mata dikawasan tersebut,” tuturnya.

Isnaini mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan dua alternatif design, namun dengan konsep yang sama.

“Nanti, tulisan Welcome Kota Palembang, akan dibuat denggan ketinggian 2,5 meter, design akan langsung disetujui oleh Pelaksana tugas (Plt) Walikota Palembang,” tandasnya. (net)

Artikel Terkait