Meski mendapatkan kesempatan menjadi pelatih tim nasional Indonesia, namun Rudy William Keltjes mengaku terpaksa menolaknya karena masih ingin fokus bersama tim PON Sumsel. Apalagi pelaksanaan pesta olahraga terbesar di tanah air tersebut tinggal hitungan hari dan dirinya tidak ingin kehilangan kesempatan meraih medali emas bersama skuad PON Sumsel nantinya.

“Saya memang awalnya mendapat tawaran menjadi pelatih timnas bersama 3 pelatih lainnya yakni Indra Sjafri, Nil Maizar dan Rachmad Darmawan. Nantinya semua kandidat tersebut akan memaparkan program di depan pengurus PSSI, tapi langsung saya tolak karena saya ada tanggung bersama tim PON Sumsel yang harus diselesaikan lebih dulu,” ungkap Rudy saat dihubungi Rabu (1/6) sore.

Eks pemain timnas ini mengaku menghormati kontraknya bersama tim PON Sumsel dan berniat ingin menyelesaikannya terlebih dulu. “Saya sudah lama bersama mereka, kami mempersiapkan diri sejak 2 tahun terakhir dan tidak mungkin langsung saya tinggalkan begitu saja,” ujar pelatih asal Surabaya ini.

Apalagi tim PON Sumsel sendiri dalam pandangannya punya peluang besar untuk meraih hasil maksimal di PON Jabar nantinya. “Tapi di luar itu, saya memang lebih tertarik untuk melatih pemain muda dan Sumsel punya talenta yang luar biasa,” tegasnya. Salah satu polesan tangan dingin dari Rudy Keltjes adalah trio Teja Paku Alam, Ichsan Kurniawan dan Zalnando yang kini sudah rajin menembus line up Sriwijaya FC senior.

Namun meskipun sudah menolak tawaran tersebut, Rudy mengaku tetap dilibatkan oleh PSSI dalam proses penentuan pelatih timnas kedepan. “Saya menjadi tim penilai bersama Danurwindo, Beny Dollo sebelum nantinya akan diputuskan oleh Exco PSSI,” jelasnya.

Dalam pandangannya, sosok pelatih timnas Indonesia kedepannya haruslah figur yang jujur dan punya komitmen tinggi memajukan sepakbola nasional. “Kita ini negara besar, setelah sekian lama terpuruk karena pembekuan kemarin. Kami sudah menilai calon pelatih timnas dan semoga yang terpilih nanti bisa membawa sepakbola kita lebih baik lagi,” pungkasnya.

RelatedPost