Laskarwongkito.com-Sriwijaya FC akhirnya bisa bangkit dari keterpurukan setelah berhasil mengalahkan Borneo FC dengan skor tipis 1-0, Minggu (29/7) sore di stadion H Agus Salim Padang. Tambahan 3 poin di laga perdana kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 membawa laskar wong kito naik ke peringkat 6 dengan poin 26, sementara Borneo FC turun ke posisi 9 dengan poin 23.
Pelatih SFC, Subangkit mengaku senang dapat meraih kemenangan di laga debutnya kali ini. “Ini hasil kerja keras pemain, kuncinya karena mereka enjoy dan bermain lepas. Laga sendiri berlangsung ketat dan kedua tim saling terbuka, kami bersyukur karena memang tim ini sangat membutuhkan poin 3 ini, selain memperbaiki peringkat juga untuk meningkatkan mental,” ujarnya usai pertandingan.
Selain menang, hasil clean sheet yang diperoleh anak asuhnya juga mendapat apresiasinya. Duet bek tengah anyar SFC yakni Alan Henrique dan Goran Gancev disebutnya mampu memberikan kenyamanan di lini pertahanan.
“Sama seperti saya, mereka baru sekali berlatih denhan pemain lainnya. Tapi karena profesional dan sudah lama bermain, jadi mungkin tidak terlalu sulit untuk adaptasi. Namun tetap mereka perlu adapatasi dan butuh waktu dengan pemain lain, terutama pemain tengah serta bek sayap agar aliran bola lebih lancar,” bebernya.
Selain itu, mepetnya waktu membuat Subangkit tidak banyak merubah gaya bermain SFC. “Strateginya tetap sama, namun memang saya sedikit melakukan perubahan di lini tengah dengan memaksimalkan Viscarra, namun setelah berdiskusi dengan pemain saya memutuskan kembali menduetkan Abimanyu dan Yu Hyun Koo sebagai jangkar,” ungkapnya.
Sementara itu, pelatih Borneo FC Dejan Antonic menyesalkan kesalahan anak asuhnya yang membuat 1 poin yang sudah di depan mata harus terbuang percuma. “Sekali lagi dan terus terulang, kami membuat kesalahan sehingga harus dibayar mahal. Laga ini memang sangat berat bagi kami dan SFC, mungkin karena faktor cuaca. Namun saya yakin tim yang konsentrasinya bagus pasti bisa mendapatkan poin,” keluhnya.
Dejan menyebut dirinya bersama staf yang lain sudah optimis mampu meraih hasil imbang. “Ada 3 peluang kami yang seharusnya berbuah gol, namun belum beruntung. Namun seluruh tim harus belajar dari partai ini, apalagi kami sekarang harus berpacu dengan waktu karena pekan depan akan menjalani derby panas dengan Mitra Kukar. Tapi saya berharap nanti 2 pemain asing tambahan sudah bisa bergabung, posisinya bek dan striker. Jika tim lain bisa cepat mengurus administrasinya maka seharusnya Borneo juga bisa,” pungkasnya.

Artikel Terkait