Andi Susanto, eks pelatih Sriwijaya FC U21 belakangan menjadi buah bibir di kompetisi sepakbola Timor Leste karena beberapa prestasi yang diukirnya di negara yang sempat menjadi bagian dari NKRI ini. Tahun 2017 lalu, Andi sukses mencatat sukses ganda dengan membawa klub yang diasuhnya, Atletico Ultramar FC promosi ke kasta tertinggi sepakbola Timor Leste dan merengkuh gelar juara turnamen 12 November Cup. Bahkan Andi nyaris merengkuh treble winner, namun anak asuhnya harus puas menjadi runner Piala Super Taca.

Namun meski sudah berhasil membawa Ultramar meraih promosi ke Liga 1 Timor Leste, Andi justru memilih mundur dan mencari tantangan lain. Musim ini,  Andi menukangi klub Liga 2 lainnya yakni Assalam FC. Melalui surat elektronik yang dikirimkannya, Jumat (30/3) Andi mengaku cukup tertantang untuk terus berkarier di sepakbola Timor Leste. “Musim lalu saya hampir bekerja sendiri, tidak ada asisten, pelatih kiper atau fisioterapy. Lapangan pun jangan dibayangkan seperti di Indonesia, luasnya tidak ideal dan masih ada yang berbatu,” jelasnya.

Namun karena keterbatasan tersebut, dia dan anak asuhnya sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik. “Saya harus mengakalinya dengan program small side game, perbanyak sesi class room dan juga buat fisik kami lakukan di pantai pasir,” bebernya.

Bersama Assalam, Andi pun bertekad mengulangi kesuksesan musim lalu dan membawa timnya ini promosi ke Liga 1 Timor Leste. “Tahun lalu saya bisa masuk 3 final dan 2 kali juara, sekarang bisa mengulanginya lagi sudah cukup bagus tapi kami pikir tim ini bisa lebih baik lagi,” ujar pria yang juga pernah menjadi pelatih timnas Timor Leste U16 di ajang Piala AFF 2016 ini.

Namun meski menikmati kariernya di Timor Leste, Andi tidak menutup hasratnya untuk kembali ke Indonesia dan melatih klub di tanah airnya. “Saya harus menyelesaikan kontrak disini terlebih dulu, selain itu musim ini saya juga mesti merampungkan lisensi kepelatihan sebagai syarat nantinya untuk melatih di tanah air,” pungkas pelatih yang baru saja lulus lisensi B AFC ini.

Artikel Terkait