PALEMBANG –  Kepala  Seksi Informasi dan Observasi BMKG, Agus Santosa mengatakan berdasaran pantauan cuaca di Palembang  suhu masih normal meskipun sudah memasuki musim  kemarau. Sedangkan untuk tingkat  kelembapan cuaca  di akhir Juni hingga saat ini telah kering  karena mencapai tingkat 50 persen.

Menurutnya, cuaca saat ini belum dikategorikan ekstrim. “Kalau sudah mencapai tingkat  40 persen itu sudah ekstrim, jadi  kita harus berhati-hati,” katannya saat menghadiri rapat koordinasi penanggulangan karhutla bersama Pemprov Sumsel Jumat (15/7).

Agus mengatakan hingga saat ini kondisi asap masih  belum terpantau dan normal.  “Tetapi  kita masih harus waspada dan melakukan antisipasi karena suhu udara sudah mulai memanas,” tambahnya.

“Untuk perkiraan global, Juli sampai September sudah mulai hangat, mudah-mudahan hujan masih turun, setelah bulan September memang sudah masuk kemarau tapi hujan masih turun seiring mulai masuk musim penghujan,” papar Agus.

Agus menjelaskan perkiraan hujan  Agustus sampai Desember masih ada turun hujan sekitar 20 persen walapun tidak rutin, “Kita perlu mewaspadai kekurangan air dan kebakaran hutan karena prediksi curah hujan sudah mulai berkurang dan rendah, tidak ada hujan 6-20 hari serta perlu juga diwaspadai karena curah hujan yang berkurang saat  masuk Medio Juni 2016 yang dalan 20 hari ini sudah mencapai 20 persen,” ungkapnya. (juniara)

RelatedPost