Saat memulai sesi latihan perdana Sriwijaya FC di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Senin (17/8) sore, Beny Dollo mengawalinya dengan sebuah instruksi singkat yang mengutip pernyataan Presiden RI, Jokowi. Pelatih senior ini memang harus dihadapkan dengan sebuah dilema mengingat singkatnya waktu persiapan menghadapi pergelaran Piala Presiden yang sudah dimulai awal bulan September di Malang.

Saya tidak akan banyak berbicara, namun seperti Presiden RI sering bilang, Ayo Kerja. Kita tahu waktu sangatlah singkat, tapi saya ingin semuanya kerja keras,” ujar Bendol membakar semangat anak asuhnya. Minimnya waktu juga diakuinya mesti diakali dengan pemadatan program latihan agar bisa mencapai performa yang maksimal.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Bendol beserta dua asistennya yakni Hartono Ruslan dan Gasely selaku pelatih fisik mengkombinasi program latihan. “Biasanya kita bikin sesi latihan fisik khusus, namun sekarang karena singkatnya waktu maka kita gabungkan dengan sesi latihan teknik maupun taktik,” jelasnya.

Menurutnya, di awal latihan ini dirinya juga tidak bisa memforsir latihan mengingat para pemain baru saja berkumpul. “Kami akan merangsang pemain terlebih dulu agar kembali ke performa terbaiknya, namun jika nanti dalam 1-2 hari ini kondisi fisik sudah mencaai 80 persen maka volume latihan akan kita tingkatkan,” bebernya.