PALEMBANG — Kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS) di Sumatera Selatan (Sumsel) yang ingin memiliki tempat tinggal. Hanya dengan membayar tanda jadi sebesar Rp500.000 bisa memiliki apartemen yang akan dibangun Perum Perumnas di kawasan Jakabaring Sport City (JSC).
Pada sosialisasi apartemen bersubsidi yang dilakukan Perum Perumnas kepada PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Senin (20/6), General Manager Regional II Perum Perumnas, Rohmad Budiyanto menjelaskan, hanya dengan Rp. 500 ribu PNS Sumsel bisa mendapatkan hunian nyaman berbentuk sebuah apartemen yang setara hotel bintang tiga di kawasan Jakabaring.
“Tanda jadi hanya Rp500.000 sebagai bukti keseriusan, setelah itu baru melengkapi administrasi. Tetapi bila tidak lolos administrasi maka uangnya akan dikembalikan. Saat ini ada tiga bank yang sudah siap membantu, yaitu Bank Sumsel Babel, Bank Tabungan Negara dan Bank Rakyat Indonesia,” kata Rohmad Budiyanto pada pembukaan sosialisasi yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Mukti Sulaiman.
Menurut Rohmad, apartemen di kawasan JSC diprioritaskan kepada PNS karena tanah apartemen adalah milik Pemerintah Provinsi Sumsel. “Bila sampai batas waktu yang ditentukan masih ada sisa maka bisa dijual ke masyarakat umum. “Apartemen di Jakabaring ini bersubsidi karena bagi PNS karena terletak di atas lahan milik Pemprov Sumsel,” ujarnya.
Bagi PNS yang ingin memiliki apartemen tersebut, menurut Rohmad Budiyanto, Perumnas menetapkan persyaratan, pembeli adalah PNS dengan gaji harus di bawah Rp7 juta dan belum pernah mengakses kredit perumahan rakyat (KPR).
“Selain bebas Ppn juga diberikan kemudahan uang muka hanya satu persen. Bagi PNS yang telah memiliki KPR bisa tetap bisa mengambil apartemen tetapi tidak dapat subsidi,” kata General Manager Regional II Perum Perumnas.  (juniara)

RelatedPost