PALEMBANG — Meski sudah menyatakan siap mengikuti perhelatan Piala Presiden yang rencana digelar sebagai ajang pra musim sebelum Indonesian Super League (ISL) 2017 bergulir nanti, namun manajemen Sriwijaya FC berharap pelaksanaan turnamen tersebut dapat ditinjau kembali.
Pasalnya jika dilaksanakan akhir Januari atau awal Februari, maka dikhawatirkan tim peserta nantinya belum dapat mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi hampir mayoritas tim baru memulai latihan perdana untuk musim 2017 di pertengahan Januari ini.
Hal ini disampaikan oleh sekretaris tim PT SOM, Faisal Mursyid saat dihubungi Rabu (18/1) sore. Menurutnya, bersama klub peserta lainnya, manajemen SFC dalam waktu dekat akan dikumpulkan ke Jakarta untuk duduk bersama dengan PSSI dan membahas kepastian pelaksanaan turnamen Piala Presiden nantinya.
“Secara lisan memang sudah ada komunikasi dan kabarnya digelar akhir Januari/awal Februari, meski SFC siap mengukuti namun rasanya lebih baik jika turnamen Piala Presiden digelar pertengahan Februari,” jelasnya.
Ada beberapa alasan yang dikemukakannya terkait pernyataan tersebut, salah satunya adalah kesiapan tim peserta di turnamen itu sendiri nantinya. “SFC sudah memulai latihan, namun ada tim lain yang belum memulai aktifitas. Salah satunya karena masih menunggu kepastian regulasi untuk musim depan, seperti kuota pemain asing, rencana pembatasan usia atau penggunaan pemain muda nantinya,” ungkapnya.
Dirinya pun menyebut secara intens juga terus menjalin komunikasi dengan klub lain terkait pelaksanaan Piala Presiden ini. “Seperti saudara tua kami Persija, mereka baru memulai latihan Senin (23/1) nanti karena memang ingin memastikan regulasi terlebih dulu, tentu jika digelar di akhir Januari maka belum siap. Rasanya seluruh klub akan lebih nyaman jika dilaksanakan pertengahan Februari nanti,” tambahnya.
Terkait apakah nanti akan mencalonkan diri menjadi salah satu tuan rumah nantinya, Faisal menyebut Palembang siap bila ditunjuk oleh PSSI. “Tapi kita sudah membaca di media ada 5 kota di pulau Jawa yang ditunjuk PSSI menjadi host nanti, namun bila ada perubahan dan diminta maka Palembang siap karena telah berpengalaman menggelar even-even sepakbola sebelumnya,” pungkasnya.
Sejauh ini PSSI menyiapkan lima tempat yakni Bandung, Bali, Madura, Sleman, dan Malang sebagai tuan rumah Piala Presiden 2017. Namun, keputusan akhirnya baru ketahuan setelah mereka menggelar pertemuan dengan para kontestan.
“Kemungkinan besar lima tempat itu akan menjadi venue, tapi kepastiannya nanti saat technical meeting kita umumkan. So far tidak ada kendala karena lima tempat itu sudah biasa menggelar pertandingan,” ujar sekjen PSSI, Ade Wellington. (Dedi)

RelatedPost