PALEMBANG —  Upaya perbaikan jalan pihak Balai Besar Jalan Nasional Wilayah I terus dilakukan untuk mencapai target penuntasan perbaikan pada bulan desember 2106, dan mempersiapkan perencanaan perbaikan dibeberapa wilayah untuk anggaran 2017.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Balai Jalan Nasional Wilayah I, Heru Setiawan, Rabu (07/12) mengatakan hingga saat ini pihaknya masih bekerja untuk menuntaskan sejumlah pekerjaan baik pengerjaan awal maupun perbaikan di sejumlah titki jalan nasional wilayah I.

Dijelaskannya  untuk jalan nasioanal wilayah I  meliputi Lintas Timur dari perbatasan  provinsi Jambi yakni km 235 sampai ke perbatasan provinsi Lampung km 171, sedangkan untuk diluar BBalaietung km 69 hingga ke Meranjat km 43 ditangangi pihak Metro.

Menurutnya pengerjaan selanjutnya yang sedang dilakukan yakni dari Betung sebagai penghubung lintas II yaitu Betung, Sekayu, Mangunjaya, Muara Beliti,  Lubuk Linggau, hingga perbatasan dengan provinsi Bengkulu.

“ Kondisi saat ini harus kita akui ada beberapa lokasi yang mengalami kerusakan akibat tergerus banjir atau karena kondisi hujan, dan itu akan segera kita ambil tindakan perbaikan,” katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan beberapa lokasi jalan yang saat ini mengalami kerusakan akibat banjir atau karena intensitas hujan yang berlebihan , lokasi tersebut terdiri dari Sekayu, Mangunjaya, hingga ke Musi Rawas, dilokasi kerusakan terjadi karena jalan terendam banjir.

“ Lalu tempat lain yang juga mengalami kerusakan yakni, di Betung, Sungai Lilin, Peninggalan, ” tambahnya

Disampaikannya faktor yang menyebabkan jalan menjadi rusak hingga harus diperbaiki, diantaranya karena testur jalan menurun yang disebabkan oleh  banjir, lalu yang lain karena jalan dilalui kendaraan dengan tonase yang melebihi batas.

“ Kalau jumlah penanganan pebaikan yang menjadi tanggungjawab wilayah I yakni 552 kilometer, nah sekarang sedang proses kontrak yang akan dikerjakan pada januari 2017 mendatang, secara kesulurahan jalan nasional yang rusak, baik barat maupun ringan mencapai  50 kilometer,” jelasnya. (juniara)