Laskarwongkito.com-Kontingen Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018 Palembang akhirnya mampu menyumbangkan medali emas dari cabor panjat tebing melalui nomor speed perorangan putri, Kamis (23/8) sore di venue Panjat Tebing JSC Palembang. Partai puncak terjadi babak All Indonesian Final karena mempertemukan Aries Susanti melawan Puji Lestari.
Berstatus sebagai juara dunia, Aries Susanti memang tampil memukai sejak babak penyisihan dan mencatatkan waktu yang jauh mengungguli pesaingnya di nomor ini. Di babak final, Aries mencatat waktu 7,61 unggul dari rekannya sendiri Puji Lestari yang menorehkan waktu 7,84.
Aries sendiri mengaku prestasinya yang dicapai di Asian Games ini jauh lebih bergengsi bila dibandingkan pencapaiannya saat Kejuaraan Dunia Panjat Tebing – IFSC World Cup 2018 di Chongqing, Cina (06/05) lalu.
“Meraih medali emas di rumah sendiri jauh lebih menyenangkan, apalagi nomor ini baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games,” ujarnya usai pertandingan.
Meski meraih medali emas, namun Aries mengaku catatan waktunya masih dibawah saat kejuaraan di Moskow beberapa waktu lalu. Aries pun menyebut walau berstatus unggulan, namun perjuangannya kali ini tidaklah mudah. Seperti diakuinya saat babak semifinal bertemu wakil China, Hei Chulian dan nyaris kalah karena hanya unggul 0,1 detik.
“Orang tua saya terus memberikan dukungan moril agar tetap optimis, status unggulan memang sempat menjadi beban namun akhirnya saya bisa fokus dari babak penyisihan hingga final,” tambahnya.
Di nomor speed putra, wakil Indonesia yakni Aspar dan Sabri hanya mampu melangkah hingga babak semifinal. Langkah Sabri di babak semifinal harus terhenti secara dramatis dan kalah 0,1 detik dari wakil China, Zhong Qixin.
Dengan hasil ini, kontingen panjat tebing Indonesia sukses meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu di hari pertama pelaksanaan pertandingan AG 2018. (nto)

Artikel Terkait