PALEMBANG — Meski jadwal resmi belum dirilis, namun PSSI selaku induk olahraga sepakbola di tanah air sudah menyatakan bahwa pelaksanaan turnamen Piala Presiden kemungkinan akan digelar awal Februari mendatang. Turnamen ini sendiri memang direncanakan menjadi pra musim resmi sebelum kompetisi resmi yakni Liga 1 Indonesia berputar kembali pada 26 Maret nanti.
Terkait hal tersebut, meski sudah menggelar latihan sejak 17 Januari lalu, terapi belum seluruh pemain Sriwijaya FC berkumpul di Palembang. Salah satunya adalah penyerang yang juga menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 lalu, Alberto Goncalves.
Pemain yang menyumbangkan 25 gol bagi laskar wong kito musim lalu ini sekarang masih berada di kampung halamannya di Belem Para Brasil. Awalnya, Beto baru akan kembali ke Palembang pada 2 Februari mendatang sesuai dengan tiket yang sudah dibeli oleh manajemen sejak jauh hari.
“Tapi kemungkinan liburan Beto akan kita percepat karena tenaganya sangat dibutuhkan saat ini, apalagi turnamen Piala Presiden juga semakin dekat. Saat ini kita sedang berusaha mengatur ulang kedatangannya ke Palembang dan pasti lebih awal ketimbang jadwal semula,” ujar sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dikonfirmasi Senin (23/1) sore.
Sementara itu, Beto sendiri saat dikonfirmasi mengaku meskipun tengah berada di Brasil, namun dirinya tetap berlatih seperti biasa untuk menjaga kebugarannya. “Saya selalu komunikasi dengan manajemen dan pelatih terkait program latihan, disini saya juga terus menjaga fisik agar nanti saat tiba di Indonesia tidak kedodoran,” jelasnya saat dikonfirmasi.
Ayah dari 2 putri ini pun menyebut terus memantau perkembangan terkini sepakbola di tanah air, terutama adanya beberapa aturan baru yang akan diterapkan saat kompetisi mendatang. “Sama seperti musim lalu, saat pertama datang banyak yang mencibir dan menganggap saya sudah habis karena faktor usia. Tetapi itu justru melecut motivasi saya dan berkat bantuan rekan-rekan yang lain, saya berhasil membuktikan bahwa hal itu salah dan menjadi top skor di 3 turnamen mulai dari Piala Gubernur Kaltim, Piala Bhayangkara dan TSC 2016. Jadi saya pikir usia bukan halangan bagi seorang pemain untuk berprestasi,” tegasnya.
Manajemen SFC sendiri membenarkan bahwa pelaksanaan turnamen Piala Presiden akan segera digelar dalam waktu dekat. “Kalau jadwal resmi belum tahu, tetapi manajemen SFC sudah diundang ke Jakarta untuk mengikuti drawing Piala Presiden, Selasa (24/1) dan disana kita baru akan mengetahuinya,” jelas sekretaris PT SOM, Faisal Mursyid. (dedi)

Artikel Terkait