GRESIK — Beberapa jam sebelum laga melawan Persegres Gresik United di stadion Tri Dharma tim Sriwijaya FC mendapat kejutan. Para pemain dan ofisial berkesempatan bertemu dengan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia yang baru ditunjuk PSSI mempersiapkan timnas untuk Piala AFF 2016, yaitu Alfred Riedl.

Pertemuan itu pun berubah menjadi ajang reuni arsitek timnas dengan para pemain yang pernah menjadi asuhannya saat menangani timnas Piala AFF 2010. Alfred Riedl bertemu di hotel tempat para pemain Sriwijaya FC menginap di Surabaya, Minggu (12/6). Reuni pun berlangsung diantaranya dengan Firman Utina, M Ridwan, Achmad Jufrianto, Supardi Nasir dan pelatih Widodo Cahyono Putro yang sempat menjadi asistennya di timnas.

Pelatih asal Austria  menyempatkan diri bertemu dan bercengkrama dengan pemain tersebut. Riedl juga memberikan suntikan motivasi kepada Firman Utina dan kawan-kawan.

“Menyenangkan bisa bertemu kalian, apalagi Sriwijaya FC dilatih oleh Widodo C Putro, sahabat yang lama bersama saya di timnas. Semoga ke depan sukses dan selama kalian terus bermain terus baik, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” pesan Alfred Riedl.

Sementara itu pelatih Sriwijaya FC Widodo Cahyono Putro menegaskan “Alfried Riedl membutuhkan dukungan dari semua pihak agar bisa membawa timnas meraih hasil positif di Piala AFF 2016. Tugas pelatih timnas di Piala AFF 2016 mendatang tidak mudah, karena iklim kompetisi di Indonesia baru saja pulih setelah satu tahun sempat vakum.”

Menurut mantan Alfred Riedl di timnas, dengan tidak adanya kompetisi resmi dalam setahun terakhir, tentu akan berdampak pada performa pemain di lapangan, dan itu harus disadari bersama. “Jadi siapapun yang menjadi pelatih timnas saat ini, selain harus didukung, juga juga harus berani memberikan warna lain,” katanya.

Widodo yakin, Alfred Riedl bersama asistennya Wolfgang Pikal akan mampu menjawab tantangan yang ada di depan. “Tapi sekali lagi, asalkan didukung penuh oleh masyarakat. Sebab sudah saatnya kita bersatu, untuk menjadikan timnas mencapai prestasi lebih baik dibanding sebelumnya,”  Widodo yang juga sempat ditawarkan kembali menjadi asisten pelatih untuk mendampingi Riedl.

Riedl mengaku telah mengantongi 40 nama pemain yang dianggap layak memperkuat timnas di Piala AFF 2016 dari sang asisten Wolfgang Pikal dengan melihat pertandingan ISC 2016. Riedl berjanji, akan mengorbitkan talenta muda potensial di Piala AFF 2016.

Pelatih Sriwijaya FC Widodo Cahyono Putro, sebelum seorang pelatih memberikan capaian di lapangan, janganlah dulu dikomentari. “Beri waktu Riedl untuk bekerja membuktikan kapasitasnya. Ada baiknya, kita terus mendoakan dan mendukung kinerjanya. Saya percaya timnas punya potensi meraih prestasi maksimal. Asalkan, dibina dan dikelola dengan baik,” pesannya. (dedi/ Foto : MO SFC)

RelatedPost