Palembang – Ribuan tenaga honorer se- Kota Palembang antusias menyimak sosialisasi Asian Games XVIII tahun 2018 yang disampaikan langsung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, di Gedung Sriwijaya Promosi Center Jakabaring Rabu (30/05).
Dalam paparannya, Alex menuturkan Asian Games sebenarnya bukanlah tujuan, akan tetapi Asian Games itu sebagai alat mencapai tujuan, dimana pembangunan infrastruktur besar-besaran yang bermuara untuk kesejahteraan rakyat.
“Dengan adanya Asian Games 2018 kita mendapat empat ruas jalan tol, Musi IV dan Musi VI, underpas/flyover, rumah sakit, perluasan bandar udara, rumah sakit, fasilitas air bersih dan Light Rail Transit (LRT),” katanya
Alex menjanjikan, sebulan sebelum penyelenggaraan Asian Games Agustus mendatang Kota Palembang menjadi kota paling cantik di Indonesia. Di hadapan para honorer tersebut Alex menguraikan bagaimana bisa Palembang dipilih menjadi tuan rumah Asian Games. Dijelaskannya ada satu hal yang menjadi dasar utama, dan alasan utama Sumsel terpilih sebagai tuan rumah Asian Games, karena Sumsel merupakan daerah Zero Konflik.
“Alhamdulillah seluruh pekerjaan infrastruktur hampir 100% selesai. Saya dan bapak Walikota menjanjikan Palembang akan menjadi Kota paling cantik Indonesia,” tuturnya
Selain kondusifitas daerah, Provinsi Sumsel juga mempunyai modal lainnya yaitu Jakabaring Sport City (JSC) serta berpengalaman dalam menggelar baik event-event Nasional bahkan Internasional. Sejak 2011 tak kurang sudah 42 event olahraga internasional digelar di Palembang. Mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asean University Games 2014.
“Kita kebagian cabang olahraga yang besar-besar. Insya Allah akan berjalan dengan lancar. Tidak mudah membangun JSC, tidak mudah menyelesaikan pembangunan ini, banyak masalah yang dihadapi tapi Alhamdulillah berkat kerja keras persatuan dan kesatuan kita mampu menyelesaikannya,” ungkapnya
Menurut Alex, setelah ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games tak dipungkiri hampir Rp70 triliun dana dari APBN, swasta dan pihak ketiga mengucur ke Sumsel. Untuk itulah Alex mengatakan mestinya masyarakat Sumsel bangga, karena tanpa adanya Asian Games di Palembang, mustahil sejumlah pembangunan skala besar itu bisa dilakukan serentak dalam dua tahun di Sumsel.
” Memang banyak habiskan uang, tapi itu bukan APBD Sumsel. APBD kita sudah digunakan utuk peogram-program kemajuan Sumsel, pendidikan, kesehatan dan pembangunan, termasuk pembangunan dan perbaikan jalan,” pungkasnya
Di sela-sela sambutanya, Gubernur Alex Noerdin menampilkan sejumlah video tentang pembangunan Sumsel diantaranya video tentang sejarah Provinsi Sumsel merebut tuan rumah Asian Games XVIII, kemudian video persiapan Asian Games Palembang dan video sejarah perjuangan membangun komplek olahraga Jakabaring Sport City Palembang. Video ini tak urung mengundang decak kagum para honorer yang hadir. Dari video tersebut mereka kini tahu betapa luar biasanya perjuangan Sumsel bisa melakukan hal-hal besar yang membanggakan dibandingkan provinsi lainnya.

Artikel Terkait