PALEMBANG — Gubernur provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H. Alex Noerdin menegaskan, bahwa pembangunan infrastruktur di Sumsel tidak hanya bersifat sentralistik dan terpusat di ibu kota Palembang saja, namun juga menyeluruh menyentuh semua lini kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

“Kalau sentralistik itu kurang tepat, kita juga membangun dua ruas Jalan di kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Ogan Komering Ilir (OKI) serta kawasan ekonomi khusus (KEK) di Banyuasin,” ungkap orang nomor satu di Sumsel ini saat menggelar jumpa pers di Griya Agung, Kamis (29/12).

Memang diakui Alex Noerdin, saat ini kota Palembang tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur berupa ligh rail transit (LRT) dan Jembatan Fly Over di kawasan simpang Bandara karena untuk menyambut hajatan akbar Asian Games 2018.

Selain itu, saat ini pemprov Sumsel juga tengah sibuk membangun sirkuit Moto Gp di kawasan Jakabaring. “Kan tidak mungkin kalau kita bangun Moto Gp di empat lawang, tetapi kita juga banyak membangun di berbagai daerah lain, dan semua pembangunan itu harus disesuaikan dengan kondisi yang ada,” tambahnya.

Menurut ayah dari dua orang anak ini, Gubernur tidak lagi mengurusi hal-hal kecil yang menjadi kendala masyarakat seperti, kekurangan air bersih dan listrik, karena persoalan tersebut sudah menjadi tugas bupati dan walikota disetiap kota/kabupaten.

“Gubernur harusnya tidak direpotka lagi oleh hal kecil seperti itu, karena gubernur harus melirik keluar serta lebih fokus menarik perhatian dan mencari investasi untuk membangun Sumsel,” kata dia.

Dijelaskan Alex, untuk menarik investasi dari luar, tentunya Sumsel harus dikenal terlebih dahulu. Oleh karena itu, sambung Alex, melalui event-event nasional dan internasional tersebut pemprov Sumsel mempromosikan diri.

“Semua yang kita peroleh sekarang, tentu sudah kita rencanakan. Memang saat proses pembangunannya ada kendala yang dihadapi, namun kita terus berupaya mengoptimalkan semuanya dan bukti kerja nyata kita terlihat karena menjadi salah satu leading dari provinsi lain,”singkatnya. (juniara)

Related Post