PALEMBANG – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) sejak beberapa hari lalu terus dilakukan pemadaman.

Aparat baik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Prov Sumsel), Pemerintah Kabupatn OI, TNI, Polri serta masyarakat bahu mrmbahu mrmadamkan kebakaran, hsl itu disampaikan oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin usai melantik Bupati OI, Ilyas Panji Alam di Graha Bins Praja, Senin (07/08).

“Kita usahakan memadamkan karhutla OI. Memang lokasinya susah dijangkau jauh dari mana-mana dan juga angin berhembus kencang,” jelas Alex Noerdin.

Ia menambahkan, bahan baku untuk dibakar api cukup, semak-semak yang kering kerontang ditambah angin kencang menyebabkan kebakaran meluas.

“Alhamdulillah pagi ini sudah mereda, mudah-mudahan sore ini sudah dapat dipadamkan. Nanun kita harus hati-hati karena gambut akan bisa timbul lagi api,” ucapnya.

Alex Noerdin melanjutkan, untuk penambahan pesawat helikopter belum terlalu diperlukan karena dengan helikopter yang ada sudah memadai.

“Apalagi Provinsi Jambi terbakar, Kalimantan terbakar, Riau juga jadi tidak bisa semua (helikopter) ditarik ke Sumsel,” ungkapnya.

Alex juga menginstruksikan kepada tiga bupati yang daerahnya menjadi langganan karhutla untuk menjaga daerahnya masing-masing. Jaga daerah dari karhutla, lokalisir kebakaran agar tidak meluas, padamkan api karhutla.

“Camat setempat tidak boleh kemana-mana juga kepala Desa setempat. Insya Allah tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan. Kita sudah sejak awal siaga darurat kebakaran hutan dan lahan, kalau masih kebakaran berarti sudah musibah,” tutupnya. (dil)

Artikel Terkait