PALEMBANG — Banyaknya pandai besi yang memiliki kemampuan membuat senjata api rakitan di daerah Ogan Komering Ilir (OKI), provinsi Sumatera Selatan, menuai respon dari Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin.

Dikatakan Alex, Kamis (01/12), kemahiran tukang pandau besi tersebut harus diarahkan kearah yang positif, salah satunya dengan memanfaatkan keahlian para pengrajin untuk membuat cinderamata berbentuk senjata api atau bentuk lainnya.

“Seperti di Kota Bandung para pengrajin senjata api rakitan diarahkan menjual senapan angin yang berizin atau hal hal yang positif,” ujar mantan Bupati Musi Banyuasin ini.

Ditambahkan Alex, dirinya akan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya agar mengarahkan para pengrajin senjata rakitan di Sumsel dengan membuat sebuah wadah berupa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Nanti saya akan bicara dengan bupatinya untuk membantu mereka dan mencoba ini akan menjadi UMKM, agar mereka tidak membuat senjata api rakitan untuk mempersenjatai orang orang yang tidak bertanggung jawab,”singkatnya. (juniara)

RelatedPost