Sebuah kabar mengejutkan kembali hadir bagi para pecinta Sriwijaya FC. Setelah Hapit Ibrahim dan Slamet Budiono yang sudah dipastikan tidak membela tim Sriwijaya FC musim mendatang. Kali ini giliran sang supersub Airlangga Sucipto menyatakan tidak berseragam laskar wong kito kembali untuk kedepannya.

Ronggo, sapaan akrab Airlangga ini sendiri bahkan sudah tidak terlihat di sesi latihan yang digelar Jumat (22/12) sore di stadion Bumi Sriwijaya Palembang. Hal ini sendiri cukup membuat publik terkejut mengingat walau jarang bermain sebagai starter, namun kontribusi Ronggo selama ini dinilai sangat positif ke dalam tim.
“Keputusan ini memang cukup sulit, karena walau hanya 2 musim di Palembang, tetapi SFC sudah seperti keluarga buat saya. Hubungan saya dengan seluruh pemain, pelatih dan manajemen juga sangat baik. Kemarin saya sudah berpamitan ke tim dan besok akan kembali ke Bandung,” ungkapnya saat dihubungi Jumat (22/12) sore.
Meski sudah berpamitan ke seluruh skuad SFC, tetapi dirinya menunda kepulangan ke Bandung karena ingin bertemu dengan manajer tim terlebih dulu. “Pak Ucok Hidayat dan Nasrun Umar sangat baik selama ini, sudah seperti orang tua bagi kami. Saya datang baik-baik, sehingga saat pulang pun juga harus sama. Terima kasih juga untuk para suporter dan teman-teman media yang juga sudah saya anggap sebagai sahabat disini,” jelasnya.
Faktor keluarga diakuinya memang menjadi salah satu pertimbangan dirinya mengambil keputusan ini. “Istri saya sakit, kebetulan anak-anak juga masih kecil dan butuh perhatian lebih. Saya juga sudah 5 tahun meninggalkan mereka, keputusan ini cukup berat karena saya masih ingin memberikan kontribusi bagi SFC,” tegasnya.
Terkait klubnya musim depan, Ronggo masih enggan membicarakannya dan memilih untuk beristirahat sejenak. “Nanti kalau sudah pasti saya kabari,” pungkasnya. Namun dari rumor yang berkembang, ayah dari 2 anak ini akan menyusul sahabatnya Eka Ramdani yang sudah lebih dulu kembali ke Persib Bandung.

Airlangga Sucipto, Supersub Pencetak Hattrick Pertama dan Gol Tercepat Untuk SFC
Meski hanya 2 musim, namun sosok Airlangga Sucipto berhasil mencuri perhatian dan mendapat tempat di hati suporter Sriwijaya FC. Pasalnya, tidak banyak striker lokal yang berhasil menorehkan prestasi di tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini.
Dalam perjalanan meraih sejumlah gelar juaranya, skuad SFC hampir selalu mengandalkan penyerang asing. Mulai dari era Keith Kayamba, Anoure Obiora, Christian Lenglolo, Ngon A Djam, Hilton Moreira hingga Alberto Goncalves.
Selama di 2 musim di SFC, Ronggo sendiri berhasil menyumbangkan 9 gol dan hampir kesemuanya dicetak saat dirinya memulai pertandingan dari bangku cadangan. Dan kebanyakan golnya pun tersebut berhasil berbuah poin, baik menghindarkan SFC dari kekalahan ataupun berujung kemenangan.
Salah satu catatan terbaik Ronggo adalah saat mencetak hattrick bagi SFC sewaktu menang telak atas tuan rumah Madura United (14/9/2016) saat kompetisi TSC 2016 lalu. Torehannya tersebut membawanya menjadi pemain lokal pertama yang berhasil mencetak hattrick sebelum disamai oleh Slamet Budiono musim ini.
Catatan unik lainnya adalah sewaktu golnya ketika menjamu PS TNI (14/7) musim ini. Ronggo hanya membutuhkan kurang dari 10 detik untuk mencetak gol ke gawang lawan usai menggantikan Ichsan Kurniawan. Golnya di menit 81 tersebut juga membakar semangat SFC dan akhirnya berbalik unggul 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Artikel Terkait