Palembang, Laskarwongkito.com-Thailand dan U-20 Australia melaju ke final Turnamen Wanita AFF tahun ini menyusul hasil dalam pertandingan semi final yang dimainkan secara bersamaan Rabu (11/7/2018) .

Pada semifinal 1 yang dimainkan di Stadion  Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Juara bertahan Thailand akhirnya bisa bangkit dari ketinggalan satu gol dari Myanmar pada awal pertadingan. Skor 3-1 bagi Thailand menjadi penutup laga dan membuat Thailand akhirnya melaju ke Final .

” Tim merespon dengan baik ketika Myanmar berbalik defensif setelah mereka memimpin,” kata pelatih kepala Thailand Nuengrutai Sraithongvian, yang timnya telah mengalahkan U20 Australia 4-2 di babak penyisihan grup.

“Tapi setelah mendapatkan tekanan, kami mengubah taktik dan itu bekerja dengan baik bagi kami untuk mendapatkan kemenangan.”

Pertandingan  berjalan monoton hingga menit ke-24 di mana serangan balik cepat Myanmar yang mengejutkan barisan pertahanan Thailand yang percaya diri.

Setelah beberapa kali mendapatkan tekanan Thailand akhirnya bisa mencetak gol  mereka pada menit ke-34 melalui gol cepat Kanjana Sung-Ngoen yang cepat yang memanfaatkan bola rebound.

Memasuki babak kedua, Pitsamai Somsai kembali membuat Thailand memimpin pada menit ke-52 memanfaatkan tendangan bebas dari Silawan Intamee. Hingga kemudian Rattikan Thongsombut menyelesaikan semuanya pada menit ke-63 dengan gol ketiga pertandingan Thailand. Keunggulan Thailand ini bertahan sampai pertandingan selesai.

“Kami berusaha sangat keras untuk memenangkan pertandingan tetapi Thailand lebih baik. Jadi kita harus belajar dari ini dan berusaha menjadi lebih baik ketika kita memainkannya lagi. ”kata pelatih kepala Myanmar, Win Thu Moe.

Sementara itu  pada semifinal 2 di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Vietnam gagal mempertahankan keunggulan awal mereka kala menghadapi Australia u-20. Meskipun ada beberapa harapan untuk melaju ke semifinal,  Vietnam tampaknya kurang percaya diri hingga mereka harus membiarkan Australia U20 memenangkan pertandingan.

“Ketika lawan mencetak gol pertama, saya hanya memberi tahu para pemain untuk terus bermain dan terus menekan. Tentunya kami sangat senang dengan hasil hari ini karena kami mencapai final turnamen ini. Kami sangat menantikan untuk bermain di final.”kata pelatih kepala Australia Leah Blayney.

Meskipun Vietnam berhasil memecah kebuntuan terlebih dahulu di menit ke-17 melalui Nguyet Thi Tuyet Dung yang melepaskan tembakan dari tepi kotak Australia,  namun keunggulan itu bertahan hanya kurang dari semenit. Alexandra Chidiac dengan cerdik memanfaatkan kekosongan di pertahanan Vietnam untuk menusuk bola ke gawang Vietna, skor berubah menjadi 1-1. Vietnam tampaknya terguncang oleh  serangan cepat tersebut, hingga pada menit ke-35, Courtney Jade Nevin menembak dari sekitar 25 meter dan membuat Australia U20 memimpin dengan skor 2-1.

Vietnam terus berjuang, namun dengan kepercayaan dirimya Australia kembali menambah keunggulan mereka pada menit ke-63 melalui Kyra Cooney Cross.

Gol keempat Australia  datang di menit ke-75, Chidiac berlari melewati pertahanan Vietnam. Pertandingan berakhir dengan penalti untuk Vietnam yang dieksekusi oleh Tuyet Dung setelah Nguyen Thi My Anh dijatuhkani dalam kotak pinalti. Hingga akhir pertandingan skor 4-2 bertahan untuk keunggulan Australia U20.

“Kami berusaha sangat keras untuk memenangkan pertandingan ini dan ketika kami mencetak gol pertama. Saya berpikir bahwa para pemain tidak begitu percaya diri, sehingga mereka selalu kehilangan penguasaan bola. Itu sangat mengganggu rencana permainan kami. Tim kami memiliki beberapa pemain baru yang lebih muda, jadi kami harus lebih baik. ”kata pelatih kepala Vietnam, Mai Duc Chun. (win)

 

Artikel Terkait