PALEMBANG — Kodam II/Sriwijaya bekerja sama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menggelar Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarlin) bagi Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Akademik 2017/2018. Pada tahun ini peserta yang akan mengikuti Diksarlin sebanyak 1939 peserta yang terbagi dalam dua gelombang. Gelombang I sebanyak 971 peserta dan gelombang II sebanyak 968 peserta.

Untuk Diksarlin Maba Polsri Gelombang I baru saja selesai pada tanggal 24 Agustus 2017 lalu. Selanjutnya Diksarlin gelombang II dimulai pendidikannya pada Sabtu, 26 s.d 31 Agustus 2017 selama 6 hari. Diksarlin Polsri ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya, Dr. Ahmad Fatwa, bertempat di Rindam II/Swj – Puntang, Lahat (20/8/2017) lalu.

Sama seperti pelaksanaan Diksarlin Gelombang I, berbagai materi dan keilmuan kedispilinan akan diajarkan pada peserta Gelombang II ini, diantaranya adalah Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Bela Negara, Kerohanian dan Mental Ideologi, 4 Konsensus Dasar Kebangsaan, Peraturan Baris Berbaris dan materi lain yang menguatkan mental dan kedispilinan mereka.

Untuk diketahui bahwa, Diksarlin bagi mahasiswa baru Polsri setiap tahun dilakukan sejak Politeknik didirikan. Namun pada awal berdirinya Politeknik, pendidikan ini diberi nama Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil). Dengan bekerjasama dengan Kodam II/Swj sejak Tahun 1998 Polsri merubah Diksarmil menjadi Diksarlin.

Diksarlin ini sendiri dilakukan dan dilaksanakan oleh pelatih yang sudah berpengalaman dan profesional di bidang kepelatihan dari Rindam dan Kodam II Sriwijaya. Agar tujuan dan sasaran Diksarlin dapat tercapai, Polsri menugaskan panitia pendamping yang mendampingi selama kegiatan berlangsung. Panitia pendamping tersebut terdiri dari Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Pengurus Organisasi Mahasiswa.

Mereka akan mengajarkan dan memberikan berbagai materi sesuai bidang mereka masing-masing, baik bidang mental, teori maupun keterampilan yang dibutuhkan untuk pendidikan kedisiplinan oleh para calon mahasiswa yang berguna pada saat mereka kuliah nanti.

Bagi mahasiswa baru dan mahasiswa tahun lalu yang belum mengikuti kegiatan Diksarlin, kegiatan ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Polsri. (dil)

Artikel Terkait