Laskarwongkito.com-Setelah Ichsan Kurniawan yang terkena cedera dan harus menepi hingga akhir musim, Sriwijaya FC juga dipastikan kehilangan pemain lainnya di lini tengah yakni Zulfiandi. Pemain asal Aceh ini sendiri sebenarmya baru saja pulang dari timnas U23 yang turun di ajang Asian Games 2018 lalu, namun kembali mendapat panggilan ke skuad timnas senior yang akan melakoni laga uji coba melawan Mauritania, Selasa (11/9) mendatang.
Lini tengah laskar wong kito sendiri hanya menyisakan Yu Hyun Koo, M Rafif, Roby Andika dan Iqbal Mediawan. Selain Yu Hyun Koo, nama lainnya sendiri merupakan pemain muda yang minim pengalaman, bahkan Iqbal dan Roby berstatus pemain yang baru saja dipromosikan dari skuad SFC U19.
SFC sebenarnya masih memiliki 1 pemain lain yang berposisi sebagai gelandang tengah yakni Syahrian Abimanyu, namun saat ini juga tengah meninggalkan tim guna mengikuti pemusatan latihan timnas U19 di Jogja. Sebagai alternatif, pelatih SFC Subangkit kembali bereksperimen dan mencoba Alan Henrique sebagai gelandang jangkar bersama Yu Hyun Koo.
Duet Alan dan Yu pun langsung dicoba saat latih tanding melawan SFC U19, Kamis (6/9) sore di stadion Bumi Sriwijaya. Di babak pertama, Alan dicoba sebagai gelandang bertahan, sedangkan di 45 menit kedua dikembalikan ke lini pertahanan dan berduet bersama Goran Gancev sebagai stopper.
Ditemui usai pertandingan, Alan mengaku tidak mempermasalahkan keputusan tim pelatih yang memindahkan posisinya sedikit lebih ke depan.
“Di Brasil, setiap pemain memang dituntut untuk bisa bermain setidaknya di 2 posisi. Hampir seluruh stopper juga biasanya ditaruh sebagai gelandang bertahan. Memang ada perbedaan, sebagai stopper pandangannya akan jauh lebih luas, sedangkan di lini tengah kamu harus menjadi jembatan antara belakang dan penyerang,” ujar Alan. (win)

Artikel Terkait