PALEMBANG — Sriwijaya FC mendapat suntikan tenaga jelang laga melawan Persija Jakarta, Jumat (16/6) malam di stadion Patriot Bekasi dalam lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Yanto Basna yang sebelumnya akan absen, dinyatakan siap kembali dan membela laskar wong kito di laga penutup di bulan suci Ramadhan ini.

Meski masih dalam masa duka, namun pemain asal Papua ini disebut sudah menyatakan komitmennya untuk tetap bermain nantinya. Hal ini disampaikan oleh sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dikonfirmasi Selasa (12/6) siang. “Awalnya sempat ada pemikiran untuk kembali ke Palembang terlebih dulu, namun karena pertimbangan jarak perjalanan yang cukup jauh dari Papua, maka kita putuskan Yanto Basna lebih baik langsung bergabung dengan tim di Jakarta,” ungkapnya.

Menurutnya, lama perjalanan dari Jayapura ke Palembang yang bisa mencapai 7 jam akan membuat pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2016 ini akan kelelahan. “Itu belum termasuk transitnya, jadi daripada Selasa tiba di Palembang dan keesokan harinya langsung berangkat kembali, maka lebih baik dia gabung di Jakarta saja. Selama di Jayapura Yanto juga menyatakan tetap menjaga kondisinya,” jelasnya.

Kehadiran pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini memang sangat diperlukan oleh tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini. Dari 10 pertandingan yang sudah dimainkan sejauh ini, eks SFC U21 ini sudah bermain sebagai starter di 9 pertandingan, hanya sekali absen saat laga melawan Persela Lamongan (1/6) lalu karena mengalami cedera. Selain itu, statusnya juga masih memenuhi kuota pemain U-22 juga sangat dibutuhkan sebagai bagian dari strategi permainan nantinya.

Sementara itu, 1 pemain lainnya yang sempat diragukan dapat bermain karena mengalami cedera yakni Bobby Satria juga sudah menyatakan kesiapannya untuk turun bermain kontra Macan Kemayoran. “Dokter tim memang sempat menawarkan agar dilakukan operasi ringan pencabutan pen, Senin (11/6) kemarin. Namun saya katakan bahwa jika dilakukan saat itu maka peluang saya untuk bermain melawan Persija akan tertutup, sementara laga ini sangat penting dan saya ingin membantu tim berjuang di lapangan. Jadi setelah berkonsultasi, maka tindakan tersebut baru akan dilakukan setelah pertandingan, pertimbangannya karena jarak ke laga berikutnya cukup lama sehingga saya bisa beristirahat tanpa menganggu program latihan,” bebernya. (dedi)

Artikel Terkait