PALEMBANG — Untuk meningkatkan minat baca masyarakat Provinsi Sumsel khususnya Kota Palembang. Dinas Perpustakaan Sumsel mulai tahun ini akan lebih mengaktifkan lagi operasional mobil perpustakaan keliling.

Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel, Maulan Aklil mengharapkan dengan diaktifkannya mobil perpustakaan keliling dapat membantu dan menjangkau daerah yang masih minim perpustakaan untuk mendapatkan buku bacaan serta mewujudkan program gemar membaca di masyarakat.

Dikatakan Maulan, Jumat (17/03) saat ini ada tujuh unit mobil tang disiapkan untuk operasional perpustakaan keliling.

“Tujuh unit mobil perpustakaan keliling ini akan disebar ke 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumsel,” kata dia.

Dijelaskan Maulan, untuk pihak kabupaten/kota yang ingin memakai atau menggunakan tujuh unit mobil perpustkaan keliling ini harus mengajukan permohonan kepihaknya.

“Ya, mereka harus mengajukan permohonan kekita untuk menggunakan atau memakai 7 unit mobil perpustakaan keliling di daerahnya. Jika ada pengajuan dari daerah baru bisa mobil perpustakaan keliling ini berjalan,” urainya.

Disebutkan Maulan, pada tahun ini pihaknya juga akan meminta tambahan untuk mobil perpustakaan keliling ini. “Kita akan minta atau mengajukan tambahan lagi untuk mobil perpustakaan keliling ini ke pemerintah pusat dalam hal ini Perpustakaan Nasional (Perpusnas),” tukasnya. (juniara)

Artikel Terkait