Sikap hormat ditunjukkan oleh Widodo C Putro kepada Subangkit jelang laga Sriwijaya FC melawan Mitra Kukar yang akan digelar Minggu (29/5) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. WCP sendiri menganggap bahwa sosok Subangkit yang kini menjadi pelatih Mitra Kukar merupakan salah satu pelatih terbaik di tanah air saat ini.

“Coach Subangkit merupakan senior saya dan kami berhubungan baik meski saya belum pernah dilatihnya atau bekerjasama dalam sebuah tim. Namun beliau adalah personal yang menyenangkan dan saya pribadi amat respek kepadanya,” jelas eks asisten pelatih timnas senior Indonesia ini saat ditemui usai sesi latihan di stadion GSJ, Jumat (27/5) sore.

Menurutnya, meski dikenal sebagai pelatih yang cukup pendiam, tetapi Subangkit punya ciri khas dalam melatih dan tim yang dilatihnya pun sangat impresif di lapangan. “Beliau senang tipikal pemain petarung di lapangan dan punya feeling yang tepat dalam mengeluarkan kemampuan terbaik dari sang pemain. Salah satunya adalah Ichsan Kurniawan di SFC yang posisi bermainnya dirubahnya, dari seorang striker menjadi gelandang dan hasilnya bisa dilihat saat ini,” pujinya.

Namun meskipun begitu, WCP mengaku siap beradu strategi saat kedua tim bentrok di lapangan dan poin penuh akan menjadi targetnya agar SFC tetap kokoh di puncak klasemen sementara Torabika Championship (TSC) 2016. Apalagi pelatih asal Cilacap ini punya kenangan manis saat mengalahkan Subangkit di babak final turnamen Piala Gubernur Jatim tahun 2009 silam.

Saat itu, WCP sendiri membesut Persela Lamongan dan Subangkit menjadi arsitek Persema Malang. Dalam laga final yang dimainkan di stadion Gelora Delta Sidoarjo (6/10/2009), Persela Lamongan berhasilkan mengalahkan Persema Malang dengan skor 2-0. Dua gol bagi laskar Joko Tingkir dicetak oleh Samsul Arif di menit 72 dan Martin Zada melalui titik penalti di menit 90.

“Itu satu-satunya pertemuan saya dengan coach Subangkit dan setelah itu kami tidak pernah bertemu lagi sebagai pelatih. Dengan kerja keras dan semangat tinggi dari pemain, apalagi kami akan bermain di depan publik sendiri maka saya optimis poin penuh dapat diamankan nanti,” pungkasnya.

Artikel Terkait