Perhelatan Piala Eropa yang akan segera berakhir diakui pelatih Sriwijaya FC, Widodo C Putro banyak memberikan inspirasi. Variasi taktik dan skema permainan yang dikembangkan beberapa pelatih ternama yang berlaga di Piala Eropa menurut WCP cukup memberi warna tersendiri selama turnamen berlangsung.

Jelang partai final yang akan mempertemukan Perancis melawan Portugal, eks asisten pelatih timnas Indonesia ini pun punya sejumlah alasan mengapa akhirnya lebih mengunggulkan skuad Les Blues. Salah satunya adalah keberhasilan skuad Perancis memunculkan talenta muda berbakat di ajang ini.

“Banyak bintang baru dimunculkan Perancis, salah satunya adalah Antoine Griezmann yang begitu dominan sepanjang turnamen. Sebelumnya, meski sudah cukup tampil di level klub namun belum terlalu apik di timnas. Belum lagi kontribusi pemain lain seperti Payet yang juga sangat baik di Piala Eropa ini,” jelasnya.

Sementara Portugal  meski memiliki pemain terbaik dunia dalam diri Cristiano Ronaldo, namun masih kalah dalam sejumlah hal lain di lapangan hijau. “Ronaldo pemain hebat yang bisa mengubah pertandingan, tetapi Perancis lebih merata di semua lini dan harus diakui status sebagai tuan rumah juga sangat berpengaruh. Namun pemenangnya akan ditentukan siapa yang lebih siap nanti, walau peluang lebih condong ke Perancis,” bebernya.

Sebagai seorang pelatih, WCP pun mengaku banyak belajar dari ajang ini. “Kita bisa lihat bagaimana Antonio Conte dengan pakem 3-5-2 bisa mengorganisir pertahanan denga  sangat baik dan membuat sisi penyerangan seimbang. Atau Jerman dengan pola 4-2-3-1 yang khas dengan 2 jangkarnya, belum lagi tim-tim lain yang punya pola berbeda namun cukup atraktif,” tambahnya.

Pelatih asal Cilacap ini pun berharap seluruh pelaku sepakbola di tanah air dapat belajar dan mengambil pelajaran berharga dari turnamen bergengsi ini.

“Jika kita mau, maka kita mampu lebih baik dari saat ini. Walau mungkin belum ke level dunia namun minimal untuk Asia Tenggara kita bisa bersaing kembali dan menjadi juara seperti sebelumnya,” pungkasnya.

RelatedPost