Laskarwongkito.com — Penampilan impresif yang ditunjukkan oleh duet Hansamu Yamma dan Manahati saat membawa Indonesia unggul 2-1 atas Vietnam di leg pertama babak semifinal Piala AFF 2016 mendapat pujian dari Widodo C Putro. Bahkan pelatih Sriwijaya FC ini menilai keduanya pun layak dimainkan kembali saat timnas Garuda menantang tuan rumah Vietnam, Rabu (7/12) di Hanoi.

Namun mantan asisten pelatih timnas ini menilai bahwa Manahati akan lebih baik bila ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Sementara Hansamu Yamma akan berduet dengan Fachrudin yang akan kembali bermain usai menjalani sanksi larangan bermain di leg pertama lalu.

“Manahati dan Hansamu bisa bermain lepas walau harus bermain untuk pertama kalinya di leg pertama lalu, namun timnas tetap membutuhkan Fachrudin yang punya postur ideal untuk menahan serangan Vietnam yang akan banyak menggunakan bola-bola atas nantinya. Jadi Manahati bisa didorong sedikit ke depan sebagai jangkar di lini tengah untuk menjaga kedalaman permainan,” jelasnya.

WCP sendiri menyebut bahwa lolosnya timnas Indonesia di babak semifinal ini sebagai sebuah pencapaian luar biasa dan patut mendapat apresiasi. “Persiapan cukup singkat dan pelatih pun tidak leluasa memanggil pemain karena terbentur jadwal kompetisi, jadi apa yang sudah diraih ini harus disyukuri dan sangat baik,” ungkapnya.

Selain itu, WCP juga menyoroti banyaknya pelanggaran yang diterima pemain timnas di turnamen ini. “Saya sering menyoroti kepemimpinan wasit di kompetisi karena memang untuk pemain pasti akan berpengaruh saat mereka turun di ajang internasional bersama timnas. Sebagai contoh hukuman penalti di leg pertama lalu, wasit asing sangat tegas dan tidak ragu dalam menilai sebuah kejadian di kotak penalti, jadi perbaikan memang mutlak dilakukan agar mutu sepakbola Indonesia akan lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya. (Dedi)

Prediksi skor 

Firman Utina : Vietnam 1-1 Indonesia

Supardi : 1-1

WCP : 1-1