PALEMBANG— Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (pemprov Sumsel) menyerahkan secara serentak 126.140 ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Sumatera Selatan tahun pelajaran 2015/2016 di Gedung Bina Praja, Sabtu (23/7).

Jumlah tersebut terbagi menjadi 56.995 ijazah SHUN untuk SMA Negeri maupun swasta, untuk SMK sebanyak 25.544 serta 43.601 untuk Madrasah Aliyah dan paket C.

Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kewenangan pemprov Sumsel untuk menyerahkan ijazah dan SHUN ke kabupaten atau kota. “Setelah sekolah menerima ijazah ini akan dilihat nilainya bagaimana, jadi nanti hasil kedepan akan menjadi perhatian kita untuk mengambil langkah selanjutnya,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas pendidikan Sumsel Selatan, Widodo menjelaskan pembagian ijazah dan SHUN sesuai dengan peserta yang mengikuti ujian beberapa waktu lalu. “Kita termasuk dalam 10 besar provinsi tercepat menyerahkan ijazah meskipun bukan yang pertama tetapi tidak terlambat,” ujarnya.

Ditargetkan Widodo, dalam sepekan ke depan ijasah dan SHUN sudah berada di tangan peserta ujian masing-masing. “Paling cepat minggu depan karena ijazah itu perlu ditulis tangan sebelumnya, jadi jika ada pungutan biaya itu wajar karena untuk tulis tangan itu butuh upah asal sesuai dan tidak memberatkan orang tua,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost