Palembang- Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki saksikan atas dilantiknya Lindawati Alikonang dari fraksi partai Demokrat dapil Sumsel 3 (Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir), menjadi anggota DPRD Sumsel  pada rapat paripurna istimewa DPRD Sumsel dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota DPRD  Sumsel pengganti antar waktu, sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Pengucapan sumpah janji anggota DPRD Sumsel, pengganti antar waktu Lindawati Alikonang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda. Pelantikan Lindawati Alikonang sebagai anggota DPRD Sumsel ini, menggantikan almarhum Agus Pianto, yang meninggal dunia pada 16 November yang lalu.

Dalam rangka pelaksanaan tugas lembaga legislatif provinsi Sumsel, khususnya pengganti kekosongan keanggotaan DPRD tersebut, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 143 ayat (1) junto pasal 106 peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2010, junto pasal 14 peraturan komisi pemilihan umum nomor 22 tahun 2010 sebagaimana diubah terakhir dengan KPU nomor 02 tahun 2016 pasal 14 ayat (1) Anggota DPRD Provinsi yang berhenti antar waktu digantikan oleh calon anggota DPRD Provinsi yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Sebagai pengganti antar waktu keanggotaan DPRD Lindawati Alikonang telah melalui prosedur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tertuang dalam SK Mendagri nomor: 161.16 – 3206 tentang pengangkatan pengganti antar waktu anggota DPRD Sumsel.

Setelah resmi menjadi anggota DPRD Sumsel bersama-sama anggota dewan lainnya, Lindawati Alikonang dapat melaksanakan tugas & fungsi sebagai anggota DPRD Sumsel.

Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda menyampaikan ucapan selamat datang, selamat bertugas, dan berharap agar Lindawati Alikonang dapat menjalankan amanah yang diberikan dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sumsel.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki dalam sambutannya. Ishak Mekki turut menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Lindawati Alikonang, dan berharap dapat berperan aktif serta menyerap aspirasi masyarakat terutama pada daerah pemilihan yang diwakilinya. (rill)

Artikel Terkait