PALEMBANG — Wakil Gubernur H. Ishak Mekki paparkan pembangunan Sumatera Selatan dan sumber daya alam Sumatera Selatan (Sumsel) dalam rangka kuliah umum bagi Pegawai, Dosen, Mahasiswa Universitas PGRI, di Aula Laboratorium Terpadu Universitas PGRI, Selasa (07/03).

Kuliah umum mengangkat tema pengelolaan sumber daya alam secara efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan pembangunan di Sumsel.

Dalam paparannya Ishak Mekki menguraikan, berbagai kemajuan Sumsel saat ini memang menjadi lirikan provinsi lain, ini dibuktikan Pemprov Sumsel melalui kemauan yang penuh untuk memajukan Sumsel, dengan banyaknya perkembangan Sumsel yang meliputi pembangunan Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia, pembangunan fly over, pembangunan ruas jalan tol, dan yang tak kalah  membuat mahasiswa kagum Sumsel saat ini juga segera membangun cirkuit MotoGp pertama di Indonesia.

“Tentunya semua ini dikerjakan sekaligus untuk menyongsong Asian Games nanti, berbanggalah menjadi masyarakat Sumsel,” ujarnya.

Lanjut Ishak, sehubungan dengan perkembangan sumber daya alam (SDA) Sumsel, dari segi SDA nya Sumsel sangat luar biasa, sudah banyak yang tahu bahkan sudah diakui 18,45% batubara Indonesia ada di Sumsel, Gas alam Sumsel juga menerangi Singapura, Jawa dan Bali. 40 % panas bumi di dunia ada di Indonesia 70%, dan untuk  panas bumi di Indonesia 40%nya berasal dari Sumsel. Ditambah lagi karet nomor satu di Indonesia, Kelapa sawit nomor tiga di Indonesia.

“Ya begitulah kalau bicara mengenai provinsi Sumsel, Sumsel tidak kaya, tetapi Sumsel punya kemauan menjadikan provinsi yang layak dibanggakan,” terangnya.

Dikatakan Ishak, sehubungan dengan kuliah umum, pada dasarnya mahasiswa itu harus kritis, inovatif, dan kreatif apalagi Sumsel akan menghadapi MEA yang dimana akan banyak peluang besar dan tantangan besar.

“Tentunya adik-adik manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk bisa berprestasi dan bersaing mengahadapi MEA,” tegasnya

Pemerintah Provinsi Sumsel (Pemprov Sumsel) selalu dan akan terus memperhatikan, mendorong pendidikan di Sumsel menjadi lebih baik , dan ini tercermin dan terlaksanakan program Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin tahun 2008 melaksanakan sekolah gratis dan kuliah gratis, jadi inilah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memajukan pembangunan Sumsel dibidang pendidikan.

“Bahkan tidak saja sekolah gratis hingga SMA,   juga sudah ada program kuliah gratis, namun masih terbatas, 2000 mahasiswa dikuliahkan hingga sarjana,”tutup Ishak

Kuliah Umum ini juga dihadiri oleh M. Syazili Abbas ( Direktur PT. Perkasa Adiguna Sembada) dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.Si. (ril)

Artikel Terkait