PALEMBANG —- Wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy yang akan  menerapkan full day school atau sekolah sehari penuh. Sebagai pengobat lelah, kebijakan Mendikbud lainnya ialah menetapkan hari Sabtu menjadi hari libur nasonal mulai tahun ajaran 2017.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs. Widodo menyambut baik, namun menurutnya perlu diperhatikan sasaran penerapan wacana tersebut, dalam hal ini siswa maupun pelajar.

“Itu wacana baik, tapi baik untuk siapa dulu? Kalau bagi siswa di perkotaan, ya. Di kota fasilitasnya memadai dan memang banyak hal yang harus digali selama di sekolah.

Kemudian dari segi akses, tidak sulit cari angkot jika anak pulang sore. Kalau di desa tidak demikian, berbanding terbalik,” katanya di hotel Swarna Dwipa, Selasa (15/11).

Namun lanjutnya, jika ada sekolah di daerah pedesaan yang mampu mengikuti wacana Mendikbud tersebut, bagi Widodo tidak masalah, asalkan pihak sekolah tidak memaksakan diri. Tentunya, memenuhi unsur-unsur seperti fasilitas, sarana-prasarana, akses dan juga menyangkut keamanan siswa.

“Ini memang program nasonal, namun kita harus adil. Jika ada sekolah di daerah yang sanggup menerapkannya, ya silakan. Tapi kalau belum sanggup ya pelan-pelan, bertahap saja,” katanya.

Menurutnya, di Sumsel sendiri tidak seluruh sekolah sanggup menerapkan wacana tersebut, namun sebagian besar mampu melakukannya.

“Tapi tetap saja artinya kita belum siap,” tegasnya.
Jika seandainya wacana Mendikbud tersebut diberlakukan mulai tahun depan, Widodo menjamin, hal itu  tidak akan mengurangi jam belajar akibat libur Sabtu.

Penerapan full day school, menurut Widodo bukan merupakan kompensasi dari hari libur dan tidak akan berpengaruh terhadap jam belajar.

“Setiap tahun, kita menghabiskan sekitar 1100 jam belajar dengan rata-rata waktu belajar 8 jam perhari. Kalaupun dikurangi hari Sabtu, tidak masalah. Jam belajar tetap terhitung sama seperti biasa. Itu semua sudah ada hitungannya,” tegasnya. (juniara)

RelatedPost