PALI — Kini masyarakat Bumi Serepat Serasan tidak usah repot-repot lagi apabila ingin pergi berhaji. Kantor wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kabupaten PALI untuk pertama kalinya membuka pendaftaran haji reguler melalui sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) untuk masyarakat PALI yang ingin menunaikan salahsatu rukun Islam ke tanah suci Makkah.

Pendaftaran perdana haji di kanwil Kemenag kabupaten PALI ditandai dengan acara launching Siskohat Gen 2 yang dibuka wakil Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony disaksikan Sekretaris Dirjen penyelenggaraan Haji dan Umroh dan sejumlah kepala SKPD dan kalangan tokoh masyarakat kabupaten PALI, di halaman Kanwil Kemenag PALI, jalan Merdeka Kecamatan Talang Ubi, Kamis (25/8).

Deni Priansyah kepala Kanwil Kemenag Kabupaten PALI menjelaskan bahwa acara lounching Siskohat Gen 2 di Kabupaten PALI adalah pertama di Indonesia. Mulai sekarang warga PALI tidak usah repot-repot lagi datang ke Muara Enim atau ke kota Prabumulih untuk daftar Haji.

“Kita merupakan kabupaten pertama yang menggelar launching ini di Indonesia, ini menjadi kebanggaan bagi kita karena memang di kabupaten PALI agamisnya cukup terasa. Sekarang bisa langsung daftar di PALI apabila masyarakat mau berangkat Haji, tidak usah lagi daftar ke Muara Enim atau Prabumulih,” jelasnya.

Ditambahkan Sekretaris Dirjen penyelenggaraan haji dan umrah Hasan Fauzi, bahwa Siskohat adalah garda terdepan pendataan haji dengan sistem komputer jaringan internet yang merupakan upaya Kemenag dalam peningkatan pelayanan haji.

“Tugas kita meningkatkan pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, meningkatkan kwalitas hotel, transportasi dan katering. Dan Tugas Kemenag adalah membantu pemerintah daerah untuk penyelenggaraan urusan agama, salahsatu caranya dengan melayani penyelenggaraan haji dan salahsatu upaya peningkatan pelayanan adalah dengan menggunakan Siskohat,” ungkapnya.

Sementara itu Wabup mengapresiasi keberadaan Kemenag di kabupaten PALI. “Alhamdulillah kita sudah punya kantor agama sendiri untuk melayani masyarakat dalam hal menyiarkan agama,termasuk penyelenggaraan haji dimana dahulu kita harus melalui Muara Enim atau Prabumulih, sekarang sudah bisa disini,” ujar Wabup.

Wabup mengajak kepada masyarakat kabupaten PALI untuk lebih bersyukur atas apa yang telah dicapai sekarang ini. “Percuma usaha kita kalau tidak didasari dari berkah dari Allah SWT, perbanyak bersyukur dan dengan adanya kantor agama disini mudah-mudahan syiar agama di kabupaten ini lebih maju lagi untuk mencapai PALI Agamis,” ajaknya. (yudhi)

Artikel Terkait